18+ Pesawat Tempur Tercanggih dan Tercepat yang Paling Ditakuti Dunia

Pesawat tempur – mempunyai pesawat tempur udara sekarang ini adalah hal yang harus ada untuk angkatan udara yang ada di seluruh dunia. Akan tetapi tidak semua negara bisa memproduksi pesawat tempur. Untuk itu bagi negara yang tidak bisa memproduksi pesawat tempur sendiri harus membeli dari negara lain yang dapat memproduksinya sendiri.

Akan tetapi zaman sekarang ini macam-macam pesawat tempur sangat beragam sekali. tak hanya mengandalkan kecepatannya saja. Melainkan juga menawarkan kecanggihan yang tak dimiliki oleh pesawat tempur lainnya yang bisa melakukan manuver militer pada medan udara manapun.

Pesawat Tempur

gambar pesawat tempur
bangka.tribunnewscom

Angkatan Udara merupakan kekuatan militer yang sangat penting bagi sebuah negara. Karena angkatan udaralah yang mengoperasikan senjata senjata militer sangat canggih, contohnya saja adalah pesawat tempur yang digunakannya. Sehingga memiliki pesawat tempur dengan kemampuan yang bagus juga termasuk hal yang harus ada pada angkatan udara sebuah negara.

Pesawat tempur yang dimiliki bisa berupa pesawat yang lincah dalam bermanuver, berkemampuan multi peran, hingga pesawat tempur dengan kecepatan yang sangat tinggi. Biasanya pesawat tempur tersebut akan digunakan untuk peperangan. Dari mulai menjalankan misi-misi penting, melakukan mata-mata, membersihkan ranjau, dan juga menghancurkan target-target utama para musuh.

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

Sekarang ini tersedia banyak sekali pesawat tempur tercanggih didunia yang bisa kamu temukan di negara negara maju. Pesawat pesawat tempur tercanggih didunia ini diproduksi dengan tujuan untuk memenuhi pasar dunia dan kebutuhan angkatan udara. Untuk mengetahui apa saja pesawat tempur tercanggih didunia, simak beberapa ulasan dibawah ini.

1. F-22 Raptor (Amerika Serikat)

US-F22 Raptors
jakartagreater.com

Pesawat tempur yang menempati urutan pertama ialah F-22 Raptor. Dalam pesawat tempur F-22 Raptor tersebut telah dilengkapi oleh kecanggihan siluman dengan begitu, keberadaan pesawat ini tak bisa terdeteksi oleh radar. Ditambah dengan mesin ganda pada pesawat tempur F-22 Raptor tersebut yang mempunyai ketangguhan untuk bermanuver secara super.

2. Sukhoi T-50 (Rusia)

Sukhoi T50 Rusia

Tak hanya pesawat tempur F-22 Raptor, yang digadang gadang sebagai pesawat tempur tercanggih dinuia. Karena ada pesawat tempur Sukhoi T-50 yang juga termasuk pesawat tempur tercanggih dengan mesin ganda yang dimilikinya. Pesawat tempur buatan Rusia ini adalah pesawat tempur di dunia militer internasional yang disegani oleh banyak negara. Tak hanya digunakan oleh negara Rusia, pesawat tempur ini juga digunakan angkatan udara milik Korea Selatan serta Vietnam.

3. F-14 Tomcat (Amerika Serikat)

f14 tomcat
hsfeatures.com

Pesawat tempur tercanggih didunia selanjutnya ialah F-14 Tomcat. Pesawat tempur ini dirancang untuk pesawat “pembunuh MIG”. Pesawat ini sangat hebat karena sayapnya secara otomatis bisa dikepak dari 14 sampai 68 derajat dalam meningkatkan keluwesannya ketika terbang.

4. Su-35 Super Flanker (Rusia)

Su-35 Super Flanker rusian
nasional.kompas.com

Pesawat tempur Sukhoi Su-35 dengan kode NATO: Flanker-E merupakan pesawat tempur multiperan. Pesawat tempur ini masuk kedalam kelas berat, dengan tingkat jelajah sangat panjang, yang masih bertempat duduk tunggal di Rusia. Pesawat tempur Su-35 sekarang ini masih menjadi andalah angakatan udara negara Rusia yang sangat canggih.

5. F-18 Super Hornet (Amerika Serikat)

f-18 super hornet
aopayun.com

Selanjutnya adalah pesawat tempur yang digunakan oleh angkatan laut negara Amerika Serikat bernama F-18 Super Hornet. Itu karena pesawat tempur F-18 Super Hornet punya kemampuan mendarat dengan landasan pacu sangat pendek layaknya berada di atas sebuah kapal induk.

6. Su-27 (Rusia)

su-27 rusian
su-27flaker.com

Negara Indonesia juga mempunyai salah satu pesawat tempur tercanggih didunia yang digunakan angkatan udaranya. Pesawat tempur SU-27 juga populer karena daya tempuhnya yang sangat jauh disertai sistem persenjataan yang sangat canggih. Dengan daya tempuh yang mencapai 3.350 km, maka pesawat tempur SU-27 ini diciptakan sebagai salah satu pesawat inseptor maupun pesawat tempur yang memiliki superioritas jarak jauh.

Pesawat Tempur Tercepat

SR-71 Blackbird
migflug.com

Selain pesawat tempur tercanggih didunia, ternyata juga ada pesawat tempur tercepat yang mempunyai kecepatan tinggi. Selain itu, pesawat tersebut juga mampu membawa persenjataan yang sangat canggih baik radar atau rudal. Factor utama yang menentukan kecanggihan sebuah pesawat tempur adalah kecepatan.

Oleh karena itu, banyak pesawat tempur yang didesain dengan berbagai kecanggihan yang ada supaya mampu mencapai kecepatan maksimalnya. Jadi, semakin cepat pesawat tempur tersebut, maka bisa memaksimalkan system kerja untuk menghindari sergapan dari musuh serta menghindari radar. Berikut ini beberapa pesawat tempur tercepat didunia yang dimiliki oleh angkatan udara di negara tertentu.

F-35 Lightning II

f-35 lightning II
gizmodo.com

Jet tempur yang pertama ialah F-35 Lightning II yang bermesin tunggal. Pesawat tempur ini dari militer negara Amerika Serikat yang menjadi pesawat tempur tercanggih dari jenisnya. Fitur yang dimiliki oleh pesawat tempur ini ialah memiliki kemampuan siluman yang sudah dikombinasikan oleh peningkatan avionic & sensor.

Kecepatan maksimumnya ialah Mach 1,6, yang setara dengan kecepatan 1,6 kali dari kecepatan suara, yakni sekitar 1.200 mph atau (1.930 km / jam). Walaupun begitu, pesawat tempur ini juga ada banyak penundaan disebabkan biaya yang besar. Akan tetapi pesawat tempur ini diharapkan bisa menggantikan pesawat tempur yang digunakan angkatan udara, laut dan juga korps mariner negara amerika serikat yang sudah tua.

Su-27 Flanker

su-27 flanker
keyshot.com

Pesawat tempur Su-27 Flanker ini dari Rusia yang memiliki mesin ganda. Pesawat tempur ini dibuat untuk menandingi pesawat tempur milik amerika saat itu. Penerbangan pertama yang dilakukan oleh pesawat tempur ini adalah tahun 1977 pada bulan Mei.

Sementara telah resmi memasuki pelayanan kepada Angkatan Udara Soviet di tahun 1985. Kecepatan maksimum yang bisa dicapainya ialah kecepatan supersonik 2,35 match yang setara dengan (1.550 mph ataupun 2.500 km / jam), yakni 2,35 kali dari kecepatan suara. Pesawat ini juga mendapat reputasi terbaik sebagai pesawat tempur terhebat sehingga tetap digunakan militer di Rusia, Ukraina dan Belarus.

F-111 Aardvark

F-111_Aardvar
rikoooo.com

Selanjutnya ialah pesawat tempur F-111 Aardvark. Jenis pesawat tempur ini merupakan pemukul taktis dan telah dikembangkan dari tahun 1960 dari General Dynamics. Pertama kali pesawat ini digunakan oleh pasukan angkatan udara negara AS tahun 1967.

Pesawat dua pilot ini dipakai dalam memulai pengeboman strategis, untuk mengumpulkan pengintaian serta melakukan peperangan elektronik. Kecepatan terbang F-111 ialah Mach 2,5 atau (1.650 mph, setara dengan 2.655 km / jam), dan 2,5 kalinya kecepatan suara. Selama perang Vietnam, pesawat ini pernah digunakannya. Akan tetapi secara bertahap tidak digunakan lagi Angkatan Udara AS ketika tahun 1998.

F-15 Eagle

f-15 eagle
boeing.com

Selanjutnya ialah pesawat tempur taktis dengan mesin ganda bernama F-15 Eagle rancangan McDonnell Douglas tahun 1967. Jenis pesawat tempur ini dirancang untuk mempertahankan superioritas udara terhadap pasukan musuh dalam pertempuran udara. Saat itu telah melibatkan & memegang posisi yang dominan di langit.

Pertama kali terbangi pesawat tempur ini ketika tahun 1972 pada bulan juli. Namun secara resmi telah memasuki layanan Angkatan Udara AS ketika tahun 1976 silam. Kecepatan terbangnya lebih tinggi dari kecepatan Mach 2,5 (1.650 mph, ataupun 2.655 km / jam).

Jenis pesawat ini juga dianggap sebagai pesawat tempur paling sukses. Sementara perkiraan pesawat ini akan terus terbang pada angkatan udara negara AS hingga tahun 2025. Bahkan pesawat tempur ini telah diekspor pada beberapa negara asing seperti Jepang, Israel, dengan Arab Saudi.

MiG-31 Foxhound

miG-31 foxhound
www.aerodrome24.de

Selanjutnya adalah pesawat mesin ganda supersonic besar bernama Mikoyan MiG-31 Foxhound. Pesawat tempur ini dirancang dalam upaya pencegatan pesawat asing yang memiliki kecepatan tinggi. Penerbangan pertamanya dilakukan pada tahun 1975 bulan September yang telah diperkenalkan Soviet pada Pertahanan Angkatan Udara miliknya tahun 1982.

Kecepatannya mencapai Mach 2,83 atau setara dengan (1.860 mph, maupun 3.000 km / jam). Bahkan pesawat tempur ini juga bisa terbang dalam kecepatan supersonic walaupun pada ketinggian yang rendah. Sekarang ini, pesawat tempur MiG-31 digunakan Angkatan Udara milik negara Rusia & Angkatan Udara milik negara Kazakhstan.

MiG-25 Foxbat

miG 25 foxbat
airliners.net

Selanjutnya adalah pesawat tempur yang dirancang dalam upaya pencegatan pesawat musuh berkecepatan supersonic. MiG-25 Foxbat juga digunakan untuk mengumpulkan data dari pengintaian yang dilakukan. Pesawat ini juga termasuk pesawat militer tercepat yang masuk layanan operasional. Penerbangan pertama yang dilakukan oleh MiG-25 ketika tahun 1964. Pertama kali juga digunakan pertahanan udara milik Soviet pada tahun 1970.

Kecepatan yang dimilikinya bisa mencapai Mach 3,2 yang setara (2.190 mph, ataupun 3.524 km / jam). Jumlah pesawat tempur ini juga terbatas pada angkatan udara Rusia. Namun ada beberapa negara yang menggunakannya seperti Aljazair dan Suriah.

MiG 35

miG-35
hr.rbth.com

Kecepatan Maksimum yang dimiliki oleh MIG 35 adalah at altitude Mach 2,25 setara (2.778 km/jam) dengan Radius Tempurnya mencapai 2.000 km. Kemampuan Service Ceilings sampai 17.500 m memiliki daya Jelajah sampai 3.100 km. Memiliki kemampuan Rate of Climb 330 m/s dan pesawat ini adalah Pabrikan Mikoyan.

Mikoyan telah mengembangkan MiG-35 dari pesawat tempur MiG-29 M/M2 yang telah diklasifikasikan sebagai salah satu pesawat tempur dari generasi 4++. Dengan begitu, pantas jika dibandingkan dengan pesawat tempur sekelasnya.

Fitur terbarunya ialah adanya radar AESA, sistem lokalisasi optic atau (OLS), precision-guided targeting capability, dan juga sistem ground-controlled interception. Bahkan kemampuannya dalam melakukan misinya dalam hal independen multirole seperti pesawat tempur lainnya.

Kecepatan yang tinggi adalah kemampuan utamanya. Kemampuannya dalam hal rate of climb sangat cepat & service ceilings sangat tinggi juga termasuk kelebihan pesawat tempur satu ini. Walaupun begitu, untuk bisa mencapai kemampuannya tersebut, ternyata pesawat ini harus rela mengorbankan kemampuannya untuk bermanuver.

Seluruh kemampuan pesawat tempur diatas sangat berperan untuk interceptor yang bisa menembakkan misil berjarak jauh, dengan presisi, hingga menekan pertahanan dari lawan. Sedangkan baru diketahui jika negara Rusia dan Mesir saja yang akan menggunakan pesawat tempur tersebut untuk pertahanan negara mereka.

SR-71 Blackbird

sr-71 Blackbird
youtube.com

Pada masa perang dingin, mulailah dikembangkan pesawat tempur bernama SR-71 Blackbird yang sudah dikembangkan oleh Lockheed tahun 1960 an. Program tersebut juga dikenal dengan proyek hitam. Ini artinya jika proyek tersebut sangat rahasia. Kelebihan pesawat tempur ini ialah bisa melacak ancaman potensial dalam misi pengintaian berlangsung.

Kecepatan maksimum yang dimiliki oleh SR-71 Blackbird ialah Mach 3,3 (melebihi 2.200 mph, ataupun 3.540 km / jam) dengan ketinggian terbangnya 80.000 kaki atau (24.400 m).

Pesawat Tanpa Awak Tercanggih

Selanjutnya ialah tentang pesawat tempur tanpa awak. Pesawat tanpa awak ini telah dikembangkan di negara amerika serikat dengan berbagai kecanggihan yang dimilikinya. Salah satunya ialah pesawat predator miliknya yang dikendalikan dengan tanpa awak. Desain pesawat tempur ini dikembangkan di negri paman sam dalam waktu 50 tahun terakhir. Untuk mengetahui apa saja pesawat tempur tanpa awak, langsung simak ulasan dibawah ini.

MQ-9 Reaper (Predator B)

MQ-9 Reaper (Predator B)
symposiumethics.org

Pengembangan seri predator yang terbaik dari amerika serikat yang pertama ialah reaper. Beban yang mampu diangkat oleh pesawat tanpa awak ini ialah 15 kali lipat lebih banyak dan 3 kali lipat lebih cepat dari seri predator lainnya.

Pesawat tanpa awak ini mampu menyebar bom dengan panduan laser & rudal hellfire yang targetnya di darat disertai presisi sangat mematikan. Bahkan reaper mampu melakukan peperangan dengan pesawat sesamanya di udara. Beban yang mampu diangkat Reaper bisa mencapai 1,5 ton dengan terbang pada diketinggian yang mencapai 52 ribu kaki dalam waktu 36 jam.

Predator C (Avenger)

Predator-C-Avenger1
ir-ia.com

Selanjutnya ialah pewasat tanpa awak bernama Avenger. General Atomics Aeronatical System telah mengembangkan pesawat tempur ini untuk Amerika Serikat. Selain itu, didalam pesawat tempur ini juga sudah dibekali oleh adanya mesin jet tempur yang didesain supaya tidak bisa terdeteksi oleh radar.

Pertama kali pesawat ini diterbangkan pada tahun 2009 tanggal 4 april. Kelengkapan senjatanya juga mirip dengan pesawat tempur reaper. Bahkan Avenger juga sudah dilengkapi oleh teknologi Lynx & Alert Sytem sehingga bisa merekam gambar yang beresolusi tinggi dengan tujuan untuk mengidentifikasi wilayah musuh.

X-45 UCAV

X-45 UCAV
en.wikipedia.org

Boeing telah memutuskan mengembangkan teknologi pesawat tempur yang baru tanpa awak. Pesawat tempur ini diharapkan mampu terbang dengan sendirinya, bisa memburu target dalam kecepatan yang mematikan. Mampu melakukan manuver & sudah dilengkapi oleh persenjataan yang lengkap. Namun yang lebih mengagetkan lagi, jet tempur ini mampu berkomunikasi dengan jet sesamanya untuk memilih cara terbaik dalam menghancurkan targetnya.

Jadi, ketika satu pesawat menyerang, maka pesawat lainnya pun akan melindunginya. Di angkasa, pesawat ini juga bisa mengisi bahan bakarnya sendiri. Pada tahun 2009 bulan mei, proyek pesawat ini diungkapkan oleh Boeing pertama kalinya. Sebutan pesawat ini ialah Phantom Ray dengan kecepatan maksimum terbangnya bisa mencapai 0,85 mach dengan ketinggian 40 ribu kaki & mampu mengangkut beban sampai 2,5 ton amunisi.

X-47B Pegasus

X-47B Pegasus
www.historicrail.com

Pesawat tempur selanjutnya ialah Pegasus yang dikembangkan oleh Northrup Grumman yang digunakan untuk Angkatan Laut negara Amerika Serikat. Penciptaan pesawat tempur ini bertujuan untuk membawa persediaan & menjatuhkannya pada target secara otomatis.

Kecepatan pesawat tempur tanpa awak X-47B Pegasus sama dengan X-45. Bahkan Pegasus juga bisa mendarat ataupun lepas landas di tengah lautan.bukan hanya itu saja, dilautan, pesawat tempur tanpa awak ini juga bisa mengisi bahan bakarnya sendiri.

Gladiator

gladiator tanpa awak
youtube.com

Selanjutnya ialah kendaraan taktis bernama gladiator yang bisa pergi kemana pun. Sementara kemampuan pesawat tempur tanpa awak tersebut diprioritaskan dalam hal pengintaian, survey, & menyerang target musuh. Fungsi lainnya ialah untuk men-drop persediaan amunisi Angkatan Laut negara Amerika. Namun untuk fungsi utamanya ialah mengatasi keadaan yang berkaitan dengan nuklir, senjata biologi maupun kimia.

Penerbangan pertama kali dilakukan pesawat tempur tanpa awak ini tahun 1964 bulan desember. Selanjutnya diterbangkan Angkatan Udara AS mulai dari tahun 1964 sampai pada tahun 1998. Prestasi besar yang diraih Blackbird ialah memperoleh kemenangan terbesar untuk teknologi penerbangan pada masa Perang Dingin berlangsung.

Demikian ulasan mengenai pesawat tempur tercanggih, pesawat tempur tercepat, dan pesawat tanpa awak yang ditakuti dan diakui di seluruh dunia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan mengenai jenis pesawat tempur yang ada di dunia.

Tinggalkan komentar