Gambar Arah Mata Angin dan Cara Menentukan Arah Mata Angin

Mengetahui suatu arah mata angin sangatlah penting. Terutama bagi seorang petualang yang akan melakukan jelajah atau hiking. Tujuan dari arah mata angin secara umum adalah untuk menentukan arah di kondisi tertentu agar tidak tersesat dan bisa melanjutkan perjalanan sesuai yang kita harapkan.

Menentukan arah mata angin tentu perlu kita ketahui. Makanya kita harus memahami teknik atau langkah cara menentukan arah mata angin. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menentukan hal tersebut. Karena jika kita sudah memahaminya, maka untuk menentukan arah akan menjadi lebih mudah.

Pengertian Arah Mata Angin

arah mata angin
reference.com

Arah mata angin yaitu suatu panduan yang digunakan untuk menemukan ataupun menentukan arah. Biasanya, arah mata angin dipakai untuk kompas, navigasi atau tombol, dan juga peta.

Mengetahui arah mata angin sangat penting terutama bagi orang yang hobi berpetualang di alam bebas. Atau juga bagi orang yang serinbg bepergian dengan menghadapi tempat dan kondisi yang baru di lintasi khususnya tidak ada tanda-tanda atau petunjuk arah.

Mata angin sendiri memiliki 4 arah standart atau arah utama dan mata angin utama inilah yang selalu digunakan dalam standart pembuatan alat bantu petunjuk arah. Misalnya pada peta, kompas, dan sebagainya. Mata angin utama tersebut yaitu :

  1. Utara
  2. Timur
  3. Selatan
  4. Barat

Empat Mata angin di atas adalah mata angin utama yang telah digunakan seluruh negara yang ada di dunia. Selain dari mata angin utama ada juga mata mata angin tengah dan mata angin tambahan.

Macam-Macam Arah Mata Angin

nama nama arah mata angin
tes.com

Arah mata angin sendiri terbagi menjadi beberapa komponen. Setidaknya ada delapan arah mata angin yang selama ini diakui dan dijadikan pedoman. Nama-nama arah mata angin tersebut yaitu.

NoB. IndonesiaSingkatB. InggrisSingkatDerajat
1
Utara
U
North
N
 atau 360
2
Utara Timur Laut
UTL
North Northeast
NNE
022.5
3
Timur Laut
TL
Northeast
NE
45
4
Timur Timur Laut
TTL
East Northeast
ENE
67.5
5
Timur
T
East
E
90
6
Timur Menenggara
TM
East Southeast
ESE
112.5
7
Tenggara
TG
Southeast
SE
135
8
Selatan Menenggara
SM
South Southeast
SSE
157.5
9
Selatan
S
South
S
18
10
Selatan Barat Daya
SBD
South Southwest
SSW
202.5
11
Barat Daya
BD
Southwest
SW
225
12
Barat Barat Daya
BBD
West Southwest
WSW
247.5
13
Barat
B
West
W
27
14
Barat Barat Laut
BBL
West Northwest
WNW
292.5
15
Barat Laut
BL
Northwest
NW
315
16
Utara Barat Laut
UBL
North Northwest
NNW
337.5

Macam-macam mata angin di atas perlu kamu ketahui karena suatu saat nanti kamu gunakan agar tidak tersesat pada suatu tempat. Apalagi di daerah yang kamu tidak tahu dan tidak ada petunjuk arah di tempat tersebut.

Walaupun saat ini banyak orang sudah ada smartphone yang bisa menunjukkan arah lokasi dengan aplikasi GPS. Namun tidak selamanya aplikasi tersebut dipergunakan karena lokasi kamu berada di daerah yang tidak terjangkau jaringan internet, tidak kouta, atau bisa juga smartphone dalam keadaan lowbet.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Ada beberapa cara dalam menentukan arah mata angin. Dan cara cara tersebut sebagai panduan menentukan arah terutama ketika kalian dalam perjalanan atau di tempat yang baru dan tidak tahu arah. Baik, langsung saja kita pelajari bersama :

Menentukan arah mata angin dengan bayangan tongkat

cakra bayangan
Metode bayangan tongkat

Menentukan arah mata angin dengan menggunakan bayangan tongkat diakui sebagai cara yang paling mudah untuk mengetahui arah mata angin. Hal itu karena secara langsung akan menggunakan bantuan dari sinar matahari. Ini bisa dijadikan sebagai rujukan misalnya kita sedang tersesat di suatu tempat yang sulit dikenali.

Sejalan dengan perputaran matahari di siang hari yaitu dari terbit bergerak muncul dari timur hingga terbenam yaitu menghilang di sebelah barat. Maka dari itu, arah mata angin bisa terdeteksi dengan memakai cara ini. Tongkat yang dapat digunakan ukuran panjangnya mencapai 60  hingga 150 cm ditambah tongkat lain yang lurus dengan panjang 30 cm.

Selain itu juga diperlukan dua buah batu yang ukurannya sama dan nantinya akan dipakai sebagai alat pemberat. Tujuannya supaya hembusan angin tidak merusaknya. Berikut langkah detailnya.

  • Tongkat panjang tadi ditancapkan di atas tanah dengan posisinya tegak lurus. Selanjutnya letakkan sebuah batu di atas tanah sebagai penanda ujung bayangannya yang terbentuk.
  • Tunggu selama 10 hingga 15 menit. Bayangan tongkatnya yang terbentuk akan berubah arah. Bayangan baru yang terbentuk tandai lagi dengan meletakkan batu pada ujung bayangan tersebut. Dan untuk lebih pastinya, ulangi langkah-langkah tadi selama 15 menit juga dengan meletakkan batu untuk tandanya.
  • Lalu coba hubungkan titik-titik ujung yang ada pada bayangan. Untuk menghubungkannya buat garis lurus yang ada di permukaan. bayangan yang terbentuk akan membuat arah berlawanan dengan arah matahari. Garis akan menandakan timur dan barat. Titik awal menandakan arah barat. Sementara untuk bagian titik yang selanjutnya merupakan arah timur.

Menentukan arah mata angin dengan cakra bayangan

cakra bayangan
Cara menentukannya dengan cakra bayangan

Selanjutnya arah mata angin dapat memakai cakra bayangan. Ada beberapa hal yang diperlukan saat kita akan menentukan arah angin dengan cakra bayangan. Syarat dan ketentuan utama yang bisa dilakukan adalah memilih tanah yang sedatar mungkin. Dan mempersiapkan  sebuah tongkat dengan panjangnya sekitar 60 – 150 cm.

Dan siapkan juga dua batu yang ukurannya kecil. Jangan lupa juga persiapkan sebuah batang runcing yang kecil serta benang atau tali yang panjang. Berikut ini cara kerjannya :

  • Tancapkan tongkat atau batang di tanah yang datar. Pastikan hal tersebut dilakukan sebelum masuk waktu tengah hari. Selanjutnya letakkanlah batu pada bagian ujung bayangan tongkat tersebut.
  • Ikatkanlah pada batang runcing dan juga tiang dengan tali. Pastikan tali itu ukurannya cukup panjang sehingga diharapkan nantinya dapat menjangkau pada batu yang diletakkan di permukaan tanah tersebut.
  • Kemudian membuat garis dengan mengikuti lingkaran yang mengelilingi tiang yang terbentuk dengan titik awalnya yaitu batu. Kita bisa menggunakan batang runcing yang sudah diikat untuk membentuk suatu lingkaran tersebut.
  • Tunggu beberapa waktu, Lalu akan terbentuk bayangan dari tiang tersebut yang mengenai lingkaran kembali. Tandai titik persinggungan itu memakai batu.
  • Hubungkan dua titik tersebut. Jika sudah kedua bagian yang telah dihubungkan itu akan membuat suatu garis lurus di antara jenis batu pertama dan juga jenis batu kedua. Jadi perlu diketahui  bahwa untuk arah selatan berada tepat searah dengan jarum jam pada arah timur. Sedangkan untuk bagian utara berada di posisi yang tepat di arah barat dari jarum jam.

Menentukan arah mata angin dengan navigasi lingkungan

siang hari
Cara Navigasi lingkungan alam

Metode dengan menggunakan navigasi  bantuan lingkungan alam, yaitu kita bisa melakukannya dengan mencari posisi matahari tepat di waktu tengah hari. Karena di waktu tengah hari, matahari bisa menjadi petunjuk arah selatan dan utara. Jadi dengan bantuan matahari salah satu bagian sistem tata surya ini kita dapat menentukan arah mata angin.

navigasi lingkungan alam
Ilustrasi dengan navigasi lingkungan alam

Jika sudah mengetahui arah selatan dan utara maka untuk menentukan barat dan timur mesti lebih mudah lagi. Namun arah mata angin dari cahaya matahari tersebut tidak dapat dijadikan sebagai patokan utama yang 100% benar. Karena arah yang sesungguhnya ditentukan dengan sumbu bumi. Jika sudah berada di belahan bumi bagian selatan, maka saat berjalan menuju arah matahari justru kita akan dibawa ke utara.

Sementara jika kamu justru menjauh dari posisi tepat cahaya matahari tersebut, kita justru berada di arah selatan. Begitupun berlaku hal yang sebaliknya pada belahan bumi yang utara. Dalam hal ini penting bagi kita untuk mengetahui dahulu dengan tepat tengah berada di belahan bumi mana pada saat itu. Jika hal itu sudah tepat, maka tidaklah sulit bagi kita untuk menemukan arah tujuan.

Menentukan arah mata angin dengan kompas

cara menggunakan kompas
Menggunakan kompas

Kompas merupakan alat sebagai penunjuk mata angin dan arah utara adalah arah utama atau sebagai patokannya. Sehingga sering kita liat tanda huruf U pada kompas lebih menonjol. Namun arah utara pada kompas terdapat 2 jenis yaitu utara asli dan utara magnetis. Berikut ini sebagai penjelasannya.

  • Utara Asli, adalah arah pada permukaan bumi yang di mulai dari titik kutub selatan sampai kutub utara dengan landasan dari rotasi bumi. Sehingga kutub pada sebelah kiri disaat orang berdiri tepat di garis khatulistiwa dan menghadap ke arah matahari terbit.
  • Utara Magnetis, adalah arah mata angin pada permukaan bumi yang berdasarkan pada kekuatan medan magnet horisontal dengan nilai positif yang paling kuat.

Pada kompas juga di lengkapi dengan angka-angka derajat satuan untuk menjelaskan arah mata angin yang lebih detail yang nampak seperti jam kecil.

Menentukan arah mata angin berdasarkan bangunan masjid atau musholla

cara menentukan arah dengan masjid dan musholla

Bangunan masjid atau musholla yang merupakan sebagai tempat beribadah umat islam bisa juga dijadikan patokan arah mata angin juga. Seluruh umat islam menunaikan ibadah sholat menghadap kiblat yaitu ke ka’bah.

Dan di wilayah negara Indonesia sendiri, arah masjid menyesuaikan arah kiblat yaitu ke barat. Lebih tepatnya yaitu barat barat laut (BBT). Namun untuk petunjuk arah mata angin dengan cara melihat arah bangunan masjid berbeda-beda, tergantung negaranya

Melihat arah dari kuburan

kuburan
Posisi kuburan orang islam bisa dijadikan pentunjuk arah

Cara menentukan arah mata angin dapat kita ketahui juga dengan melihat dari arah kuburan atau makan dari orang muslim. Di negara Indonesia biasanya kuburan melintang ke selatan dan utara. Sebelah utara adalah kepala jenazah sedangkan selatan merupakan kaki dari jenazah.

Mengenai kuburan tentunya dimana saja ada, bahkan di tempat pegunungan pun kita bisa jumpai kuburan keramat. Jadi ketika kehilangan arah maka disaat itu bisa melihat kuburan sebagai cara untuk menentukan arah mata angin.

Menentukan arah mata dengan rasi bintang

rasi bintang crux atau pari
Rasi bintang crux atau pari

Jika kita melihat langit di malam hari seketika itu kita sedang melihat keindahan dari gugusan-gugusan bintang di luar angkasa.  Namun ada beberapa rasi bintang yang bisa menjadi petunjuk arah mata angin yaitu rasi bintang pari atau crux.

Rasi bintang pari adalah deretan bintang-bintang yang bersinar paling terang yang membentuk pari / layang-layang. Rasi bintang ini berada agak condong di bagian selatan bumi. Jadi dengan kita melihat rasi bintang pari atau crux ini maka letaknya itu yang menunjukkan arah mata angin selatan.

Manfaat Arah Mata Angin

arah kiblat
Manfaat arah mata angin

Ada beberapa manfaat arah mata angin dalam menentukan arah. Dan keberadaannya mempengaruhi berbagai sektor di dunia ini. Berikut ini adalah ulasan tentang manfaat arah mata angin yang bisa kita ketahui.

  1. Untuk mengetahui sebuah lokasi tempat tertentu yang dituju dengan arah yang sudah ditentukan. Misalnya kita akan berkunjung ke suatu tempat dengan hanya berbekal arah. Maka arah mata angin ini akan membantu kita mencapai arah tersebut dengan tepat.
  2. Bisa mengetahui haluan atau arah sebuah kapal ataupun pesawat. Pesawat dapat terbang dengan maksimal tentu dengan bantuan arah mata angin. Karena jika tidak demikian, ia akan mudah terjadi kecelakaan dalam pesawat.
  3. Dapat membantu seseorang di dalam perjalanan supaya ia tidak tersesat. Ketika kita misalnya mengikuti pramuka atau jelajah bisa membantu supaya tidak tersesat. Apalagi jika diperjalanan kita bingung arah. Hanya dengan mengetahui arah mata angin bisa mencari arah yang benar. Dan ini membutuhkan pengetahuan tentang cara menentukannya.
  4. Bagi umat Islam, mengetahui arah mata angin juga bisa menjadi patokan untuk menentukan sebuah kiblat. Di dalam Islam memang diharuskan beribadah menghadap kiblat. Maka mengetahui hal tersebut sangat penting. Misalnya saat akan membangun masjid dan sebagainya.
  5. Bagi nelayan, bisa dijadikan sebagai patokan kapan ia akan berlayar dan dimana lokasi berlayar yang aman di saat tertentu. Arah mata angin di lautan memang untuk mengetahui arah ombak. Karena itu penting bagi nelayan untuk mengetahuinya.
  6. Arah mata angin juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk deteksi cuaca daerah mana yang akan turun hujan dan sebagainya
  7. Di dalam dunia dirgantara atau udara, bisa membantu pesawat untuk menuju arah yang tepat dan benar.

Itulah ulasan tentang arah mata angin yang sangat lengkap dan cocok untuk dijadikan bahan pengetahuan. Arah mata angin sangat penting untuk dipahami semua orang, baik orang umum atau pelajar. Dengan arah mata angin yang jelas dan tepat, selain lebih mudah juga akan selamat dan sampai kepada tujuan yang diinginkan. Nah, semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar