15 Contoh Surat Lamaran Kerja Beserta Tips Melamar Kerja

Surat lamaran kerja merupakan salah satu surat resmi dari pelamar kerja ke instansi/perusahaan yang berisi permohonan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan lowongan kerja yang sudah ditawarkan. Sesuai garis besar, pembagian surat lamaran kerja bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu surat lamaran kerja sesuai iklan, surat lamaran kerja inisiatif sendir atau dikirimkan ke kantor (perusahaan), dan surat lamaran kerja melalui tenaga kerja.

Untuk menulis surat lamaran kerja harus berdasarkan dengan aspek-aspek tertentu. Kamu juga harus menulis surat lamaran kerja dengan benar dan rapi. Karena hal ini sangat mempengaruhi diterima atau tidaknya bekerja di sebuah perusahaan.

Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja
Contoh surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja juga bisa dikatakan sebagai surat yang dibuat seseorang yang memerlukan pekerjaan untuk pemimpin perusahaan yang dapat memberinya pekerjaan maupun jabatan. Lewat surat lamaran kerja ini, pelamar akan meminta agar diberi suatu pekerjaan.

Surat lamaran kerja bersifat formal. Contohnya surat lamaran kerja menjadi karyawan dengan sumber dari iklan. Untuk hal ini, kamu sebagai pelamar harus menyebutkan sumber lamaran pada alinea pembuka. Namun jika lamaran yang kamu buat tidak berdasarkan dari suatu sumber, maka kamu bisa menyebutkan jika surat lamarannya berdasarkan inisiatif sendiri.

Kerangka Surat Lamaran Kerja

kerangka surat lamaran kerja
Kerangka surat lamaran kerja

Dalam kerangka surat lamaran kerja disusun atas beberapa hal penting. Kerangka tersebut adalah salah satu syarat kesempurnaan surat lamaran kerja. Jika syarat tersebut tidak ada, maka surat lamaran kerja kamu harus dibuat ulang.

Ada sedikit perbedaan yang terdapat pada surat lamaran kerja dan kerangka pada surat resmi lainnya. Perbedaan tersebut disebabkan surat lamaran kerja merupakan surat resmi namun bersifat pribadi. Beberapa perbedaan yang ada seperti kepala surat dengan nomor surat.

Selain itu, didalam surat lamaran kerja juga tidak memerluan kop surat atau kepala surat dan juga nomor surat. Jadi, cara penulisan surat lamaran kerja ini dimulai dari bagian tanggal penulisan surat. Kerangka surat lamaran kerja terdiri atas beberapa bagian surat berikut ini.

Kerangka surat lamaran Kerja

  1. Tanggal Surat – yakni informasi mengenai waktu pembuatan surat lamaran kerja.
  2. Alamat Surat – pada surat lamaran kerja, penerima suratnya disebutkan jabatannya maupun unit dari lembaga yang dituju disertai alamat lengkap dan lokasinya. Jadi, nama orangnya tidak perlu disebutkan.
  3. Hal Surat – contohnya: “Perihal: Lamaran Kerja atau Hal: Lamaran Kerja”.
  4. Salam Pembuka – yakni kalimat sapaan sebelum masuk didalam isi surat.
  5. Paragraf dan isi surat – pada bagian ini berisi paragraf pembuka, isi tentang maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran kerja, dan paragraf penutup
  6. Salam Penutup – didalamnya berupa kalimat sapaan untuk penutup surat
  7. Tanda tangan – tujuannya ialah untuk kepastian jika yang menulis surat lamaran kerja adalah kamu.
  8. Penulis Surat – Berupa nama lengkap
  9. Lampiran – pada surat lamaran kerja, ada beberapa lampiran yang harus kamu sertakan diantaranya: daftar riwayat hidup, SKCK, Pengalaman kerja, pas foto, ijazah terakhir, identitas, referensi dll.
  10. Untuk kerangka surat di atas kurang lebih seperti itu, namun apabila terdapat lampiran, tembusan, dan lainnya silahkan bisa disertakan juga.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

contoh surat lamaran kerja

Sangat penting mengetahui apa saja cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Dengan cara tersebut, surat lamaran kerja kamu akan diterima oleh pemimpin perusahaan dan kemungkinan besar diterima akan lebih besar. Caranya tak begitu sulit, kamu bisa melihat langkah langkahnya dibawah ini.

1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Untuk menulis surat lamaran kerja, bahasa yang digunakan adalah bahasa formal, kamu juga bisa lihat di KBBI. Itu karena surat ini tergolong surat resmi. Sehingga pembuatannya tidak diperbolehkan jika bahasanya tidak formal.

2. Tulisan kalimat harus singkat padat dan jelas.

Untuk membuat surat lamaran kerja, tulislah dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Selain itu, surat lamaran kerja umumnya menampilkan jati diri seseorang dan kebanyakan suatu perusahaan tidak menyukai surat lamaran kerja yang bertele tele.

3. Tulis secara manual menggunakan tangan tanpa diketik.

Terkadang suatu perusahaan lebih suka surat lamaran kerja yang ditulis tangan daripada yang di ketik.

4. Kebersihan surat lamaran kerja harus diperhatikan.

Usahakan tidak ada coretan ataupun bekas penghapus didalamnya. Jika ada penulisan yang salah, buat ulang saja jangan sampai kamu menggunakan stipo untuk menghapusnya.

5. Isilah dengan jelas tentang data diri dan informasi mengenai kamu

Karena syarat penulisan surat lamaran kerja salah satunya adalah harus jelas. Jadi, perjelas data diri kamu, informasi penting mengenai kamu, dan jangan lupa sertakan dokumen-dokumen pendukung diantaranya daftar riwayat hidup, dengan foto copy identitas diri maupun dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan.

6. Bila kamu punya sertifikat pendukung yang dapat menambah nilai baik dalam diri kamu, lampirkan sebagai pertimbangan surat lamaran kerja kamu.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Jakarta, 16 Januari 2015

Kepada Yth,
PERSONALIA PT. MUTUALPLUS GLOBAL RESOURCES
Jalan KH. Mas Mansyur Kav.35, Tanah Abang
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh dari kantor Pos pada tanggal 15 Januari 2017 bahwa  PT. Mutualplus Global Resources sedang membuka lowongan kerja di bagian administrasi. maka dengan ini saya :

Nama           : Ahmad Nofantoro S.E
Tempat, tanggal lahir : Purbalingga, 22 November 1994
Alamat         : Jl. Sunggono II rt. 01 rw. 05 Kaligondang Purbalingga
No. hp          : 087567777898
Status           : Belum Menikah
Pendidikan : S-1 Ekonomi

Bermaksud untuk mengajukan permohonan penempatan kerja pada posisi tersebut. Saya memiliki kepribadian yang baik dan cepat menerima hal-hal yang baru. Dan saya juga mampu bekerja secara pribadi maupun secara kelompok dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy KTP
2. Foto copy ijazah S-1 (legalisir)
3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
4. Pass photo terbaru

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebanarnya, besar harapan saya untuk bisa diterima sebagai karyawan di perusahaan yang bapak / ibu pimpin.  Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Nofantoro

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Surabaya, 12 Agustus 2017

Perihal : Lamaran Kerja
Lampiran : 3 (tiga lembar)

Kepada Yth.
Bapak Direktur PT. JAYA SENTOSA
jl. Garuda No.32F Gubeng
Surabaya

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini saya :

Nama  : Budiono Baswesdan
Umur  : 23 tahun
Alamat : Jalan Mawar 2 gang II NO. 5 Ngemplak Pacitan

Dengan ini mengajukan permohonan untuk bekerja di perusahaan yang bapak pimpin. Saya lulusan akademi akuntansi dan menguasai pengoperasian komputer. Selama dua tahun, saya bekerja di PT. JAYA SENTOSA sebagai administrasi. Sejak tanggal 9 Januari 2015 sampai 25 juli 2017, berhenti karena selesai kontrak.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama surat ini saya lampirkan foto copy ijazah sarjana, sertifikat komputer dan bahasa, serta rekomendasi dari PT. JAYA SENTOSA Cabang Pacitan .

Atas perhatiannya dan pertimbangannya bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Budiono Baswedan

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Karyawan

Tangerang, 11 Februari 2017

Kepada Yth.
HRD PT. STAR SOFTWARE INDONESIA
Jl. Kenanga No. 126, Jombor Kidul Sleman
Yogyakarta

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di PT. Star Software Indonesia sebagai Business Administrator, saya bermaksud ingin melamar pekerjaan tersebut. Mengenai data singkat saya sebagai berikut :

N a m a       : Yoga Sutisna
Alamat        : Jl. Semper Tengah Gg. IV No. 5 Sentul
Tempat, tanggal lahir : Surakarta, 5 Agustus 1995
Pendidikan : S1 Ilmu Komputer
HP              : 085466774448

Saya dalam kondisi kesehatan yang sangat baik, dan saya mampu bekerja dengan mengoperasikan Microsoft Office, bahasa pemrograman dan bahasa generasi keempat (4 GL). Saya senang belajar hal baru dan mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut data penting saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy Ijazah Terakhir
  3. Foto copy KTP
  4. Foto copy SKCK
  5. Foto copy Sertifikat
  6. Pas Foto Terbaru ukuran 4X6 2 Lembar

Besar harapan saya kepada Bapak/Ibu bisa meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan secara terperinci mengenai potensi saya.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, dan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat Saya,

Yoga Sutisna

Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana

Bogor, 25 September 2015

Kepada Yth :
HRD PT. SENDORA
Jl. Karadenan Gg. III No. 15 Cibinong Bogor

Perihal : Lamaran kerja

Dengan hormat,

Bersama ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan di Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Saya dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu, saya lampirkan :

Nama           : Hasyim Kuswari
Tempat, tanggal lahir : Sentul, 13 Mei 1988
Alamat         : Jl. Babakan Madang No. 8 RT/RW 05/011 Sentul Bogor
Telepon        : 08435577889

Sebagai pelengkap dari beberapa data yang diperlukan untuk bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga data diri sebagai berikut :

1. Pas Photo 4×6 cm 2 lembar
2. Foto copy KTP
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Foto copy Ijazah Terakhir

Demikian surat lamaran kerja ini, atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya

Hasyim Kuswari

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Contoh surat lamaran kerja dengan email
Saat ini sudah zamannya serba teknologi. Seiring dengan kemajuan teknologi maka tidak dipungkiri sebagian besar perusahaan memberikan fasilitas pengiriman surat lamaran kerja via email. Hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri baik bagi perusahaan maupun pelamar kerja.

Jadi untuk perusahaan tidak perlu menyediakan banyak waktu dan tempat bagi perkrutan sedangkan untuk pelamar kerja tidak repot lagi untuk mendatangi perusahaan tersebut. Cara mengirim surat lamaran kerja dengan via email, pertama yang perlu dilakukan adalah :

A. menyiapkan berkas-berkas persyaratan untuk melamar kerja pada perusahaan tersebut, diantaranya yaitu :

  1. Menulis surat lamaran kerja melalui email langsung boleh atau bisa menulis dalam bentuk file seperti Microsoft Word, PDF, Notepad, dan sebagainya yang nanti bisa diupload.
  2. Lampirkan CV atau Daftar Riwayat Hidup
  3. Ijasah Pendidikan Terakhir
  4. Sertifikat, bagi kamu yang punya sertifikat bisa lampirkan juga karena hal itu akan menambah value / nilai tambah pada skill kamu terhadap perusahaan.
  5. Identitas atau Kartu Tanda Penduduk, hal ini sangat perlu sekali karena perusahaan juga butuh identitas yang jelas terhadap calon karyawannnya.
  6. Pas poto tinggal disesuaikan dengan persyaratan dari perusahaan tersebut.
  7. Surat-surat lainnya misalnya surat keterangan pengalaman kerja dan lain-lainnya, hal ini dilampirkan juga jika diminta oleh perusahaan.

Jika berkas-berkas tadi sudah lengkap maka kamu bisa langsung scan berkas tadi kemudian disimpan file ke dalam falshdisk atau media lainnya. Untuk scanner, kamu bisa mengunjungi warnet atau rental pengetikan jika tidak punya.

B. Selanjutnya memiliki akun email. Sebaiknya menggunakan email sendiri daripada menggunakan email orang lain. Karena kalau menggunakan email orang lain akan berdampak kurang baik salah satunya yaitu tidak terlihat profesional.

Baik, seperti pada gambar di atas sesuai yang sudah ditandai merah. Maka hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin mengirim surat lamaran kerja via email adalah :

  1. Alamat email instansi atau perusahaan yang dituju. Pastikan juga nama emailnya jangan sampai salah.
  2. Perihal surat lamaran kerja
  3. Tercantum alamat perusahaan tersebut dan tulis surat lamaran kerjanya.
  4. Jika softcopy berkas surat lamaran kerjanya sudah ada, maka bisa langsung meng-upload file / berkas tersebut.

jika sudah selesai dan siap semuanya maka tinggal klik saja kirim / Send. Jika sudah kamu tinggal nunggu konfirmasi dari pihak perusahaan tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Contoh 1

contoh surat lamaran kerja CPNSContoh 2

Depok, . . . . Juli 2015

Yth. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI
Di –
Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                     : Anang Kurniawan, S.E.
Tempat, tanggal Lahir : Depok, 19 Desember 1990
Jenis kelamin       : Laki-laki
Pendidikan            : Sarjana (Akuntansi) Universitas Indonesia
Jabatan yang dilamar  : Penata Keuangan
Alamat Domisili   : Perumahan Taman Asri Jln. Depok I No. V Rt. 003/13 Depok,
Jawa Barat

Bersama ini saya menyampaikan surat lamaran supaya saya dapat mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2015. Dan sebagai bahan pertimbangan, berikut ini data penting yang saya lampirkan diantaranya :

1. Unggah Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. Saya tujukan surat tersebut kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (asli)
2. Unggah Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Fotokopi Surat Keterangan Rekaman Kependudukan *
3. Surat Keterangan Domisili ** (asli)
4. Unggah Ijazah Sarjana Ekonomi*(asli)
5. Unggah Transkrip Nilai Ijasah Sarjana Ekonomi*(asli)
6. Unggah Surat Pernyataan pelamar dengan materai Rp. 6.000 dan sudah ditandatangani dengan pena bertinta hitam (asli)
7. Unggah Pas photo dengan latar belakang warna merah berukuran 3 x 4 cm (asli)

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Apabila dikemudian hari ditemukan terdapat data yang tidak benar, maka saya siap menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya dalam seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2015. Atas perhatian dan kerjasamanya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Cantumkan Materai 6000

tanda tangan
(Anang Kurniawan, S.E.)

Catatan:
– *Bisa dilampirkan ijazah lainnya atau lampirkan sesuai dokumen yang anda miliki
– **Diperlukan jika daerah domisili tidak sesuai dengan domisili di KTP

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

contoh surat lamaran kerja guru
Surat lamaran kerja sebagai guru

Menjadi guru adalah salah satu hal yang banyak dicari oleh lulusan S1 pendidikan Guru. Akan tetapi sekarang ini sudah sangat sulit mencari lowongan guru atau melamar menjadi guru kecil sekali kemungkinan diterimanya. Sebelum kamu membuat surat lamaran kerja menjadi guru, sebaiknya lihat tips berikut ini.

Tips Sebelum Melamar Sebagai Guru Honorer

σ. Pastikan jika kamu memperoleh informasi sebanyaknya mengenai lowongan lowongan guru honorer di sekolah baik melalui saudara atau temanmu.

σ. Perbanyaklah relasi dengan guru. Karena sangat bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan informasi lowongan guru honorer. Guru guru biasanya mengetahui sekolahan mana yang membutuhkan pengajar.

σ. Kamu bisa menjadi pengajar pada lembaga bimbel. Dari sini, akan memperlebar wawasan kamu mengenai lowongan guru honorer. Sebab beberapa guru punya sambilan mengajar pada lembaga bimbingan belajar.

Setelah memperoleh informasi adanya lowongan kerja guru di sekolahan tertentu, langsung saja buat surat lamaran kerja menjadi guru. Kamu bisa melihat contoh surat lamaran kerja sebagai guru dibawah ini:

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer

Sampang, 27 Januari 2017

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth, Kepala Madrasah
Tsanawiah Negri Torjun
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan menjadi guru honorer di Madrasah yang Bapak/Ibu kelola, untuk data pribadi saya sebagai berikut ini :

Nama : Muhammad Fahrazi
Tempat/Tanggal lahir : Sampang, 09 Desember 1993
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Alamat : Jalan Tegal Sari gang 3, Sampang
Nomor HP : 081988867778

Berdasar dengan keterangan di atas, saya ingin melamar pekerjaan sebagai guru honorer di Madrasah yang Bapak/Ibu pimpin saat ini. Untuk bahan pertimbangannya, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen penting diantaranya :

Fotokopi KTP 1 lembar
Pas poto 4 x 6 Sebanyak 2 lembar
Fotokopi Ijazah 1 lembar
Fotokopi Transkrip nilai 1 lembar
Fotokopi Akta VI 1 lembar
Daftar riwayat hidup 1 lembar

Demikianlah surat permohonan saya buat dengan sebenar-benarnya dan atas perhatiannya Bapak/Ibu sebagai pimpinan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Muhammad Fahrazi

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Bagi kamu yang berbakat di bidang kesehatan misalnya lulusan Akedemi Keperawatan yang ingin bekerja di rumah sakit, maka kamu bisa membuat surat lamaran kerja sesuai dengan keinginanmu. Berikut ini sebagai contoh surat lamaran kerja yang bisa dijadikan inspirasi.

Balikpapan, 12 Juni 2016

Hal: Lamaran pekerjaan

Yth,
Bapak / Ibu Ketua Personalia
RUMAH SAKIT PERTAMINA BALIKPAPAN RSPB
Jl. Jendral Sudirman no. 1 Prapatan
Balikpapan

Dengan hormat,

Berdasarkan dengan informasi bahwa “Rumah Sakit Pertamina Balikpapan” sedang membuka kesempatan kerja di bagian perawat, maka dengan demikian saya bermaksud untuk mengisi lowongan kerja tersebut. Berikut data singkat saya :

Nama      : Yanik Sulistiya
Tempat, tanggal lahir : Balikpapan, 05 Juni 1997
Pendidikan : S1 Keperawatan
Alamat : Jl. Babakan rt.02 rw. 06 Ds. Suka Damai Sepinggan Balikpapan

Saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Saya  sebagai tenaga perawat yang memiliki motivasi untuk bekerja keras, senang bersosialisasi dimanapun, kemauan untuk belajar, tanggung jawab atas pekerjaan. Dan saya mampu bekerja dengan baik secara personal maupun dalam tim sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit ini.

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga lampirkan:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah S1 dan S2
3. Foto copy Transkrip nilai
4. Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
5. Pas photo terbaru

Demikian permohonan ini saya ajukan, dan saya berharap bisa bergabung menjadi tenaga perawat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan ini. Sekiranya dibutuhkan informasi lebih lanjut, saya bersedia untuk wawancara ataupun melakukan tes. Atas perhatian dan kesempatan bapak/ibu yang diberikan saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Yanik Sulistiya

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Contoh 1

Contoh surat lamaran kerja di hotel dalam bahasa inggris, dan berikut ini sebagai contohnya.

contoh lamaran kerja hotel bahasa inggris

Contoh 2

Contoh surat lamaran kerja di hotel selanjutnya dengan bahasa indonesia, langsung saja simak contohnya.

Bandung, 23 Maret 2017

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia HARRIS HOTEL BANDUNG
Jl. Ciumbuleuit No. 50-56
Bandung

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi dari internet, maka bersama ini saya mengajukan diri untuk mengisi posisi sebagai Cleaning Services di hotel yang Bapak / Ibu pimpin.

Saya lulusan pendidikan sekolah SMK di bidang perhotelan. Saya memiliki kemampuan dan wawasan khususnya dibidang tersebut dan mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim sehingga  mampu untuk bekerja pada posisi tersebut serta bisa meningkatkan kualitas pelayanan di bidang perhotelan.

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu memberikan kesempatan wawancara kepada saya, agar saya bisa menjelaskan mengenai semua potensi dan kemampuan diri saya secara langsung. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya sertakan :

1. Foto copy Ijazah terakhir
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Foto copy KTP
4. SKCK
5. Foto Ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian dan kerja samanya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Indra Sumedi

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja bahasa inggris
Surat lamaran kerja bahasa inggris

Untuk membuat surat lamaran pekerjaan berbahasa inggris, sesungguhnya hampir sama dengan cara membuat surat lamaran kerja berbahasa Indonesia. Yang terpenting untuk membuat surat lamaran kerja menggunakan bahasa inggris ialah bahasanya harus formal, menggunakan format yang betul, serta menggunakan tata cara penulisan baku dan benar.

Walaupun tidak semua perusahaan mewajibkan kamu mengirim surat lamaran pekerjaan berbahasa inggris, akan tetapi kamu bisa mencobanya. Sebab akan lebih baik jika kamu mengirim surat lamaran kerja berbahasa standar internasional tersebut. Dengan begitu, kamu juga akan tampak lebih profesional dimanapun kamu melamar.

Untuk membuat surat lamaran pekerjaan berbahasa inggris, kamu bisa melihat contohnya dibawah ini:

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate

Berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja menggunakan bahasa inggris dari pelamar yang baru saja lulus.

Jakarta, October 4rd 2017

Attention To: Human Resources Department

Bintang Abadi
Jalan Budi Utomo No. 18
Jakarta

Dear Sir/Madam,

I have read from your job vacancy advertisement at Tribun Jakarta and I found that your company is looking for employees for “Marketing Team” position. I believe the job is fit with my educational background and thus I found myself qualified for the job.

My name is Erna Putri. I am twenty two years old and I am a fresh graduate from Management Department of Yogyakarta State University (UNY Yogyakarta) on August this year. I have the qualifications that you want for the job. I have excellent motivation forprogress and growing, I can work both in a team and by myself, and most importantly I eager to learn.

Besides the basic knowledge I have from my educational background, I also have a good computer skill and I can communicate in English, both spoken and written.

With all the qualifications I mentioned above, I am confident that I can contribute effectively to your company. Herewith this letter I enclose my :

  1. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate and Academic Transcript.
  2. Curriculum Vitae.
  3. Recent photograph with size of 4×6

I appreciate your attention and I hope I can join your company soon and be the part of it.

Sincerely

Erna Putri

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Untuk kamu yang ingin melamar kerja di sebuah bank, perlu mengetahui contoh surat lamaran kerja di bank yang bisa dijadikan sebagai referensi. Jika kamu ingin melamar di sebuah bank tentu memerlukan beberapa dokumen penting termasuk juga surat lamaran sebelum kamu bekerja disitu.

Bentuk surat lamaran kerja di bank dengan surat lamaran kerja lainnya memanglah hampir sama. Yang membedakan ialah alasan melamar dengan lampiran yang disertakan didalamnya. Jika ingin melamar di bank, maka lampiran yang harus kamu cantumkan ialah dokumen-dokumen yang berhubungan dengan apa yang akan kamu kerjakan nantinya (accounting perbankan).

Untuk lebih jelas lagi, kamu bisa melihat contoh surat lamaran kerja di bank berikut ini:

Kepada
HRD BANK MANDIRI
Cabang Jakarta Timur
Jln. Panglima Sudirman Kav. 45-46
Jakarta

Dengan hormat,

Berkaitan dengan informasi lowongan kerja di Bank Mandiri bagian Customer Service, dengan ini saya :

Nama                      : Devita
Tempat, tanggal Lahir : Jakarta, 29 September 1993
Alamat                    : Jln. Panglima Sudirman 46 jakarta
No. Hp                    : 087889992222
Status                      : Belum menikah
Pendidikan Terakhir : S1

Dengan ini ingin mengajukan permohonan penempatan pada posisi tersebut. Untuk bahan pertimbangan, disini saya lampirkan beberapa berkas seperti:

Curriculum Vitae (CV)
Fotokopi ijazah S-1 (legalisir)
Fotokopi Transkrip Nilai (legalisir)
Fotokopi KTP
Pas poto terbaru

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya agar bisa bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu kelola, dan pastinya saya akan melakukan hal terbaik untuk Bank Mandiri ini.

Atas perhatian Bapak/Ibu di ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Devita

Contoh Surat Lamaran Kerja dari Iklan

contoh surat lamaran kerja dari iklan

Semarang, 13 November 2016

Lampiran: 3 lembar
Hal: Lamaran Permohonan Kerja

Yth. Direktur
PT. SARANA BAKTI
Jl. Kalianak, No. 51 P, Kalianak, Asemrowo
Surabaya

Dengan hormat,

Sesuai iklan yang dimuat dalam koran Jawa Pos edisi 23 April 2016 mengenai lowongan kerja tenaga pelaksana, dengan data saya di bawah ini :

Nama : Sudirman
Tempat, tanggal lahir : Pamekasan, 23 Mei 1997
Alamat : Jalan Pademawu Barat Gg. IV No. 6 Pamekasan
Pendidikan terakhir : S1 Arsitekur

Bertujuan untuk melamar kerja dan bergabung dengan perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Saya memiliki keahlian di bagian desain bangunan yang menarik dan sesuai keinginan permintaan pasar. Dan untuk melengkapi beberapa data penting yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu di waktu lain, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut :

1. Foto copy KTP 1 lembar
2. Daftar Riwayat Hidup 2 lembar
3. Foto copy Transkrip Nilai 1 lembar
4. Pas poto 4 x 6 cm sebanyak 4 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan kerja samanya Bapak/Ibu pimpinan, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Sudirman

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Toko beserta Curriculum Vitaenya

SURAT LAMARAN KERJA

Tangerang, 12 Januari 2017

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. JAYA BERKAH
Jl. Bandengan Utara No.80 Penjaringan
Jakarta Utara

Hal : Lamaran Kerja

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan Bapak pada harian Kompas, saya ingin melamar pekerjaan dengan kode SR (Sales Reprensentive).

Saya lulusan SMA tahun 2013, pernah mengikuti kuliah pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia selama 1 tahun. Saya bisa berbahasa inggris secara aktiv baik lisan maupun tulisan dan saya juga memiliki kendaraan pribadi.

Sebagai pertimbangan, berikut data penting ini saya lampirkan :

Fotokopi KTP
Pendidikan ijazah terakhir
Daftar riwayat hidup
Sertifikat kursus bahasa inggris tingkat intermediate
Paspoto terbaru ukuran 4×6 cm

Besar harapan kami dapat bekerja di perusahaan yang bapak pimpin. Atas perhatiannya saya ucpakan terima kasih.

Hormat saya

Kaswanto

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama           : Kaswanto
Tempat, tanggal lahir : Tangerang, 12 juni 1994
Alamat         : Kampung Dadap rt. 017 rw. 09 BSD Tangerang Selatan Banten
Jenis Kelamin  : Laki-laki
Agama          : Islam
Status Perkawinan  : Belum Menikah
Telp./Hp      : 081235350045
Email            : [email protected]

PENDIDIKAN FORMAL

  • SDN 5 Cilenggang BSD Tangerang Selatan, lulus tahun 2007
  • SMPN 2 Karawaci Tangerang Selatan, lulus tahun 2010
  • SMAN 1 Pamulang Tangerang Selatan, lulus tahun 2013
  • D1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 2014

PENDIDIKAN NONFORMAL

  • Kursus bahasa inggris tingkat intermediate
  • Pelatihan Tekni Komputer di RC BSD

SKILL DAN KETERAMPILAN

  • Mampu bekerja dengan mengoprasikan Ms. word , excel, dan desain grafis
  • Bahasa Indonesia aktiv dan Bahasa inggris aktiv baik lisan maupun tertulis
  • Dapat bersosialisasi dengan baik di masyarakat

PENGALAMAN KERJA

  • Magang Kerja sebagai Technician di PT. Emicom Center di BSD Serpong tahun 2015
  • Agen Marketing BFI Finance di BSD tahun 2016

Demikian daftar riawayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya untuk dijadikan pertimbangan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Tangerang, 12 Januari 2017
Hormat Saya

Kaswanto

Contoh Surat Lamaran Kerja DOC

Jika kamu butuh surat lamaran kerja dalam bentuk doc. atau yang bisa diedit silahkan bisa download format lamaran kerja di link berikut ini : CONTOH SURAT LAMARAN KERJA DOC

Kesalahan ketika Membuat Surat Lamaran Kerja

cara membuat surat
lingkungan.lovelybogor.com

Setelah kamu menyimak beberapa contoh surat lamaran kerja di atas dan menerapkan kaidah-kaidah penulisannnya, kami berharap kamu bisa membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar.

Tapi setelah kamu membuat surat lamaran kerja sebaiknya di cek ulang bahkan itu harus. Jangan sampai surat yang dibuat ternyata perlu banyak yang harus diperbaiki. Karena namanya manusia terkadang terjadi kesalahan tanpa kita sadari waktu membuatnya.

Baik, berikut ini hal-hal kesalahan yang sering dilakukan ketika membuat surat lamaran kerja :

σ. Penggunaan bahasa yang tidak formal

Surat lamaran kerja merupakan salah satu surat resmi jadi bahasa yang digunakan yaitu bahasa resmi / formal. Beda dengan surat biasa seperti surat untuk sahabat atau kerabat yang bahasanya bisa menggunakan bahasa jargo (bahasa gaul / informal).

Bahasa informal pada surat lamaran kerja menunjukkan bahwa kamu terlihat kurang profesional bahkan bisa terlihat tidak lebih baik daripada pelamar kerja lainnya. Jadi gunakanlah bahasa yang formal dan bisa memikat HRD.

σ. Salah ketik

Surat lamaran kerja salah satu kesan pertama terhadap calon atasanmu. Maka dari itu membuat surat lamaran kerja sebaiknya lebih teliti karena terkadang banyak salah ketik / penulisan. Banyak slah pengetikanvakan mengakibatkan penilaian yang kurang baik dan dapat mengindikasikan kamu sebagai orang yang tidak cermat atau teliti.

Selain itu sebisa mungkin hindari penggunaan tipp-ex. Jadi ketika terjadi kesalahan sebaiknya membuat lagi, meskipun kamu akan memakan biaya dan waktu lebih banyak untuk hal itu. Dan satu lagi, hindari salah penulisan terutama nama perusahaan jangan sampai salah karena itu akan fatal jadinya.

Dengan demikian sangat disarankan setelah kamu selesai membuat surat lamaran kerja dipastikan cek ulang ejaan katanya sembari memperbaiki kalimat yang kurang pas. Dengan begitu maka akan meminimalisir terjadinya banyak kesalahan.

σ. Tampilan dan penataan yang tidak rapi

Tampilan dan penataan surat lamaran kerja perlu diperhatikan juga karena penyusunannya mengikuti kaidah penulisan surat resmi. Penulisan yang bersih, rapi, dan baik akan menghasilkan kesan yang baik.

Untuk itu perhatikan juga tulisannya seperti jenis dan ukuruan huruf, jarak spasi, batas (margin), dan jenis kertas. Pada umumnya gaya tulisan yang digunakan sebagai berikut :

  • Menggunakan jenis huruf formal / standart, misalnya Times New Roman, Arial, atau Trebuchet MS dengan ukuran 11 atau 12 ppt
  • Jarak spasi 1 atau 1,5
  • Jenis kertas A4
  • Batas (margin) atas, kanan, bawah, dan kiri standar, yaitu 1 inci (2,54 cm)

Dengan tampilan dan penataan tulisan yang baik dan enak dibaca bisa menarik perhatian HRD. Namun sebaliknya, tampilan dan penataan yang tidak rapi akan membuat tim HRD dengan cepat membuang surat lamaran kerjamu, karena mengasumsikan kamu orang yang tidak kompeten. sementara surat lamaran yang lain yang harus dipertimbangkan masih banyak.

σ. Bertele-tele

Membuat surat lamaran kerja dengan informasi yang tidak penting dan tidak relevan sebaiknya dihindari. Karena itu akan mengakibatkan tim HRD tidak tertarik dan cepat mengabaikan dari surat lamaran tersebut.

Jadi usahakan surat lamaran yang kamu buat menampilkan hasil yang maksimal dan relevan dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

σ. Tulis tangan

Ada beberapa orang masih membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan tanpa memperhatikan persyaratan dari perusahaan. Jadi ketika pihak perusahaan / HRD menginginkan surat lamaran kerja dengan diketik.

Maka jangan sampai diantara banyak surat lamaran kerja yang masuk tiba-tiba terselip surat lamaranmu dengan tulis tangan yang belum begitu rapi. Kemungkinan tim HRD tidak akan melirik, akhirnya surat lamaranmu akan sia-sia.

Sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu kebutuhan atau persyaratan dari pihak perusahaan. Apakah mereka menginginkan usarat lamaran kerja yang mengharuskan tulis tangan atau tidak?

Persyaratan dari masing-masing perusahaan tentunya berbeda, hal itu memang pengecualian. Karena ada beberapa perusahaaan yang terkadang menginginkan surat lamaran yang tulis tangan demi kepentingan tertentu.

σ. Tidak menunjukkan kompetensi

Mungkin kamu salah satu orang yang bisa terampil dan pengalaman dalam mempromosikan suatu produk yang akan dijual. Tapi sayangnya, jika kamu tidak menunjukkan dan menerapkan kompetensimu tersebut pada contoh surat lamaran kerja yang kamu buat.

Artinya, kamu tidak menunjukkan kelebihan/kompetensimu dengan kata lain (menjual) diri sehingga perusahaan bisa tertarik (membeli) keterampilan dan pengalamanmu tersebut. Maka dari itu kamu mesti menunjukkan kompetensimu yang sebenarnya dan kesungguhan pada suatu profesi yang kamu inginkan dari perusahaan tersebut.

Sumber Informasi Lowongan kerja

mencari lowongan kerja
uc3m.es

Dengan kemajuan teknologi yang seperti sekarang ini maka tidak heran banyak dari berbagai penyedia berita dapat dengan mudah memberikan sejuta informasi kepada masyarakat. Dengan demikian orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang sesuai dengan keinginannya.

Begitu juga dengan informasi lowongan pekerjaan yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Berikut ini macam-macam sumber informasi lowongan pekerjaan diantaranya :

σ. Media elektronik

Media elektronik yang menyediakan informasi, edukasi, maupun hiburan yang sering digunakan masyarakat yaitu televisi dan radio. Terkadang TV dan radio menyiarkan iklan lowongan pekerjaan. Namun iklan lamaran kerja atau lowongan pekerjaan tersebut intensitasnya sangat rendah daripada media lainnya.

σ. Media cetak

Banyak media cetak yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan misalnya saja seperti koran. Koran merupakan salah satu sarana informasi yang tetap merakyat hingga sekarang.

Sebagian besar instansi atau perusahaan memberikan informasi lowongan kerja melalui koran karena koran dapat menjangkau di segala aspek lapisan masyarakat.

σ. Media online

Di era modern sekarang mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan secara online di internet sangat memudahkan bagi masyarakat. Langkah tersebut merupakan solusi yang cepat dan tepat daripada media cetak.

Media online bisa lebih fleksibel memberikan informasi lowongan kerja yang bisa diakses kapan saja, lebih banyak, dan lebih update. Jadi kamu tinggal ketik keyword / kata kunci jenis lowongan kerja sesuai keinginan pada search engine seperti googel, yahoo, ask, dan sebagainya.

Tapi harus lebih teliti dan hati-hati dalam memilih agar tidak tertipu dari pihak penyedia iklan yang tidak bertanggung jawab.

σ. Bursa kerja

Pada bursa kerja atau job fair, kamu bisa mendapatkan banyak informasi lowongan kerja dan bisa memilih sesuai keinginan. Jadi kamu lebih leluasa karena terdapat beberapa perusahaan baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil berkumpul dan menawarkan pekerjaan kepada pengunjung.

Biasanya bursa kerja / job fair banyak diadakan di kampus-kampus ternama. Jika kamu mengikuti kegiatan tersebut jangan lupa untuk membawa contoh surat lamaran kerja untuk dibagikan ke perusahaan-perusahaan yang cocok buat kamu.

σ. Pengumuman

Terkadang ada juga perusahaan memberikan informasi lowongan kerja melalui papan pengumuman umum. Biasanya terpajang di kampus-kampus bahkan informasinya pun terdapat di kantor pos juga.

σ. Orang terdekat

Informasi lowongan kerja juga bisa kamu dapatkan dari orang terdekat seperti keluarga, teman, partner, kenalan, dan semua jaringan yang kamu punya. Jadi kamu tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada meraka.

Siapa tahu dari sekian orang yang kamu tanyain ada infomasi lowongan pekerjaan yang cocok buat kamu. Setelah kamu dapat, jangan lupa segera membuat surat lamaran kerja dan segera eksekusi. 🙂

Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Cepat

mencari kerja
economy.okezone.com

Banyak orang mencari lowongan pekerjaan demi bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Namun terkadang dari mereka sulit untuk cepat mendapatkan pekerjaan. Sehingga tidak heran jika masih banyak sekali pengangguran yang ada di Negara Kita Indonesia.

Baik, selanjutnya akan mengulik beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat, berikut ini penjelasannya :

σ. Mencari pekerjaan yang relavan dan sesuai kemampuanmu

Ada banyak lowongan pekerjaan di berbagai media misalnya media sosial internet, media cetak, dan sebagainya. Dan sebaiknya memilih pekerjaan yang relavan dan kamu mampu untuk melakukannya. Pihak dari perusahaan akan menerima dan lebih mempioritaskan kepada calon karyawannya yang skill atau kemampuan sesuai dengan bidang profesi pada perusahaan tersebut.

Bila kamu sangat membutuhkan pekerjaan dan ingin secepatnya maka kamu bisa lakukan dengan mendaftarkan diri lebih banyak ke berbagai perusahaan yang membuka lowongan kerja. Hal ini bisa menjadikan kamu memiliki peluang lebih banyak untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun dipastikan juga pekerjaan yang kamu pilih merupakan pekerjaan yang terkait dengan kemampuan kamu agar nantinya ketika melakukan tugas-tugas dari perusahaan tersebut kamu mampu menyelesaikannya dengan baik.

σ. Melamar kerja di perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk banyak karyawan

Perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan dan membutuhkan banyak karyawan maka disaat kamu melamar pastinya akan memiliki banyak peluang untuk diterima. Persaingannya juga tidak terlalu sulit daripada perusahaan yang membutuhkan karyawan yang hanya sedikit atau untuk penempatan kerja yang terbatas penerimaannya.

Hal itu bisa jadi pekerjaan yang kamu dapatkan bukan yang terbaik tapi setidaknya kamu mendapatkan pekerjaan dan punya penghasilan kembali lebih cepat.

σ. Menunjukkan sikap serius dan penuh harapan

Ketika kamu sedang memberikan surat lamaran kerja maka tunjukkan keseriusan kamu terhadap bidang profesi yang kamu inginkan dari perusahaan tersebut. Karena itu salah satu waktu yang tepat untuk kamu menampilkan yang terbaik dan bertanyalah mengenai pekerjaan tersebut . Tunjukkan bahwa kamu serius dan sangat berharap dengan pekerjaan tersebut.

Jaga penampilan dengan berpakaian secara profesional ketika bertemu dengan atasan atau pihak dari perusahaan tersebut. Tunjukkan keahlian dan potensi yang kamu miliki sehingga pihak atasan yakin bahwa kamu mampu memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

σ. Memilki teman yang bisa dijadikan referensi di perusahaan tersebut

Belakangan ini banyak orang mendapatkan pekerjaan melalui teman yang bekerja di perusahaan tersebut. Jika kamu memiliki teman baik di perusahaan tersebut dan bisa membantu kamu agar dapat diterima maka kamu bisa menjadikan mereka salah satu referensimu.

Jadi kamu jangan ragu dan malu untuk memberitahu ke teman baik kamu bahwasanya kamu sedang membutuhkan pekerjaan. Kamu membuat teman baru atau jaringan di berbagai di media dengan melakukan komunikasi dengan baik kepada mereka yang sudah bekerja. Hal itu akan sangat membantu kamu ketika kamu mencari pekerjaan.

σ. Meminta bantuan kepada layanan penyalur kerja

Apabila kamu ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat maka kamu bisa datang ke pusat pelayanan masyarakat misalnya kantor ketenaga kerjaan atau kantor penempatan kerja kota. Tempat tersebut bisa jadi yang terbaik untuk kamu kunjungi.

Datang dan hubungi mereka untuk konsultasikan mengenai pelayanan apa yang saat itu mereka tawarkan kepada masyarakat. Pastinya juga banyak kantor pelayanan yang mempunyai bantuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

σ. Memperluas jaringan

Perluas jaringanmu dengan baik, jaringan tersebut bisa dari keluarga, teman, partner, alumni, tetangga, komunitas, dan darimana saja. Selain itu kamujuga bisa telusuri di media sosial.

Misalnya facebook, twitter, instagram, kontak Linkedln kamu untuk menemukan siapa saja yang sudah bekerja di perusahaan atau yang bisa bantu kamu. Mungkin kamu juga bisa mendapatkan rekan yang bekerj a di perusahaan yang sesuai dengan harapanmu.

Persiapan Sebelum Melakukan Wawancara Kerja / Interview

interview questions
magazinejob-like.com

Umumnya seseorang ingin mempunyai pekerjaan di tempat perusahaan yang bonafit dan dapat menjamin kebutuhan hidup keluarganya. Oleh karena itu banyak orang mencari pekerjaan yang diimpikan dengan mengandalkan ijazah pendidikannya.

Namun itu saja tidak cukup, untuk mengandalkan atau meyakinkan kepada Human Resource Development (HRD). Ada banyak penyebab lain yang harus dipenuhi agar bisa diterima di perusahaan tersebut diantaranya.

σ. Membaca doa sebelum menjalani wawancara

Mula-mula yang perlu diterapkan adalah sambil berdoa, sebelum semuanya diterapkan sebaiknya berdoa dan kalau sempat memohon ijin dan doa terhadap bapak ibu agar keinginanmu terkabul. Jangan lupa juga rencanakan seluruhnya dengan baik

σ. Persiapkan Semuanya Dengan Matang

Perkara yang terpenting sebelum kamu hadir ke interview kerja merupakan menyusuri petunjuk tentang perihal perusahaan tersebut. Dari sejak kantor tersebut bergerak di bagian apa, alamat instansi hingga jabatan sebagai apa yang akan kamu tangani nanti. Merupakan suatu yang bagus juga bila kamu menyusuri tentang siapa yang akan orang menanyakan diri Kamu nanti.

σ. Mengetahui Situasi Profil Perusahaan yang Diharapkan

Semua perusahaan mempunyai visi misi berlainan seluruhnya itu sebanding sektor usaha yang ditekuni. Kewajiban Kalian ialah menelusuri infomarsi mengenai biografi instansi tersebut. Telusuri informasi dari semua sumber. Mengerti secara detail mengenai bentuk organisasi, tujuan, dan hasilnya.

Selain profil tersebut, mengusut alamat kantor. Dengan demikian, disaat datang wawancara kerja, Kamu dapat hadir tepat waktu. Jangan lupa, catat nomor Telepon dan akun media sosial guna mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan.

σ. Menulis Curriculum Vitae (CV) yang Menarik

Curriculum Vitae atau CV yaitu aspek paling penting dalam melamar pekerjaan. Buktikan contoh surat lamaran kerja dan CV kamu tampak menarik. Melalui satu halaman struktur sederhana. Isinya harus ringkas, padat, dan jelas. Tidak perlu kelewat panjang mendeskripsikan identitas diri. Begitu juga saat mendeskripsikan sejarah pendidikan dan kemahiran/skill, lampirkan seperlunya.

Selain isi CV, foto juga perlu diperhatikan. Tentukan poto diri kalian dalam contoh CV sesuai dengan di KTP. Jangan lupa, sertakan surat penghargaan demi menunjukkan ke tim HRD.

σ. Disaat Dipanggil Interview, Maksimalkan Penampilan

Kesempurnaan surat lamaran kerja dengan daftar riwayat hidup yang dikirimkan, harus dipadukan dengan penampilan. Saat datang buat diinterview, memakai pakaian yang pas. Pakaian interview tidak mesti mengenakan jas. Pasalnya, setiap instansi mempunyai peraturan yang berlainan mengenai fashion.

Sebagai contoh, terdapat kantor penerbitan buku yang mencintai pakaian kasual. Ia menggunakan kaidah, bebas menggunakan kostum asalkan rapi, dan bersepatu. Tujuannya, apabila interview, Kalian dapat memakai kemeja, kaos, atau celana jeans. Namun syaratnya, perlu dibantu dengan sepatu.

σ. Menjawab Pertanyaan Interview dengan Jujur

Wawancara kerja yakni bagian kedua dalam proses penerimaan karyawan. Ketika tersebut, Kalian akan menghadapi tim HRD. Beberapa Pertanyaan yang diutarakan demi menguji keseriusan dan keahlian. Menjawab pertanyaan interview dengan jujur ialah bagian terdepan.

Hindari memberikan pernyataan maupun jawaban fiktif. Tim HRD tentu mengetahuinya. Mereka bisa melihat dari rupa dan bahasa tubuh. Maka, jujurlah, apa pun keadaannya.

σ. Tunjukkan Kesungguhan dan Keahlianmu Untuk Perusahaan

Tim HRD paling menyukai pelamar yang bersungguh-sungguh. Sikap tersebut memastikan, Kamu dapat mengatasi berbagai jenis persoalan. Malahan, persoalan seberat apa pun mampu diselesaikan. Selain itu, ungkapkan semua keahlian yang ada. Baik dengan tertulis, maupun diwaktu diwawancarai.

σ. Perbaiki Konten Media Sosial

Umumnya, sebuah perusahaan menghendaki akun media sosial disertakan di daftar riwayat hidup calon tenaga kerja. Melalui keterangan tersebut, tim HRD akan mengetahui kepribadian diri Kamu.

Oleh karena itu, perbaiki kontennya sebelum melamar kerja ke instansi. Pastikan status, foto, serta tulisan yang dipasang pada kronologi bukan menjatuhkan citra kepada tim HRD. Kalau perlu, mesti bidang yang tidak utama untuk menghindari kesalah pahaman.

σ. Menunjukkan Sikap yang Disiplin

Disiplin wajib dimulai sejak menelusuri pekerjaan. Bentuk kedisiplinan tersebut contohnya, menyempurnakan syarat dan mentaati batas pengiriman. Diwaktu terdapat undangan wawancara, Kalian harus datang tepat waktu. Apabila datang jam 10, usahakan sampai 30 menit sebelum MoU dilakukan. Sesudah itu, menggunakan kemeja sesuai aturan yang berjalan.

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja dan seputar tips jitu mendapatkan pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai inspirasi. Setelah mengetahui kaidah-kaidah surat lamaran kerja dan tips mendapatkan pekerjaan, harapannya artikel ini bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat..! Terima kasih 🙂

 

Tinggalkan komentar