11 Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar

Ketika seseorang akan masuk dan bekerja di perusahaan baru, hal pertama yang harus dilakukan ialah membuat surat lamaran kerja. Sementara jika anda sudah merasa ingin keluar dari pekerjaan karena adanya hal, maka yang biasanya dilakukan ialah membuat surat pengunduran diri. Sebagai contoh surat pengunduran diri untuk menulisnya membutuhkan format penulisan yang benar.

Karena salah satu kesan baik tidaknya anda keluar dari pekerjaan tergantung dari surat pengunduran diri yang anda buat. Jika surat pengunduran diri yang anda buat baik dan rapi, maka kemungkinan besar perusahaan akan terkesan baik dan mengabulkan permintaan anda untuk resign. Contoh surat pengunduran diri bisa anda lihat pada penjelasan dibawah ini.

Pengertian Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

contoh surat pengunduran diri
careerdirectors.com

Surat pengunduran diri merupakan sebuah surat yang di dalamnya berisi pernyataan resmi jika seseorang tersebut akan mengundurkan diri dari instansi perusahaan, organisasi ataupun pemerintahan.

Surat pengunduran diri bisa dibuat oleh siapa saja yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan maupun jabatannya meskipun anda seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) sekalipun. Karena begitu pentingnya surat pengunduran diri ini dibuat, maka anda juga harus mempelajari bagaimana penulisan surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Hal-hal yang Menyebabkan Seseorang Mengundurkan Diri / Resign Kerja

surat pengunduran diri
pelajaran.co.id

Mengundurkan diri atau resign kerja (reason quit job) pasti membutuhkan alasan yang tepat. Sama halnya dengan membuat surat pengunduran diri, disini anda harus mencantumkan alasan anda mengundurkan diri secara jelas dan ringkas. Bila anda tidak memiliki alasan tepat, maka bisa jadi pengunduran diri anda akan ditolak. Biasanya, ada hal-hal yang menyebabkan seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannnya, diantaranya adalah :

σ. Gaji kecil

Alasan yang paling utama dari pengunduran diri ialah gaji yang kecil. Faktor ini adalah faktor utama seorang karyawan mengundurkan diri. Karena orang bekerja sebagian besar akan mencari gaji yang besar. Meskipun ada juga ada yang tidak mementingkan besar kecilnya gaji, namun ada karyawan yang tidak mau bekerja jika gajinya sedikit.

Alasan lain bagi karyawan yang ingin gaji lebih besar adalah kebutuhan hidup yang semakin mahal yang menuntut siapa saja untuk memenuhi kebutuhan hdiupnya . Inilah sebabnya banyak karyawan yang keluar kerja dari perusahaan yang memberikan gaji atau upah yang sedikit.

σ. Merasa tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan

Biasanya dalam kurun waktu 2 sampai 3 bulan anda akan merasakan kondisi lingkungan kerja dan masa adaptasi. ada yang menyenagkan dan ada yang tidak. Terkadang sauatu yang tidak menyenangakn mungkin karena pekerjaan yang diberikan tidak sesuai dengan kesepakatan bersama sehingga membuat anda tidak nyaman. Dan pada akhirnya mengajukan resign kerja.

σ. Ingin mencoba pekerjaan di tempat lain (bosan)

Banyak sekali karyawan yang merasa bosan dengan pekerjaan yang sehari-hari dilakukannya. Dia merasa bosan dan ingin mencari kerjaan baru dan mencari lingkungan kerja yang lebih baik lagi. Biasanya semangat bisa tumbuh lagi jika pekerjaan barunya lebih menantang atau ada keinginan untuk kebutuhan ekonominya lebih tercukupi.

σ. Tidak mendapat kenaikan jabatan

Banyak pegawai yang menunggu naiknya jabatan. Namun jika jabatan tak kunjung naik juga, pasti anda merasa bosan. Setelah itu, anda akan mencari pekerjaan lain dan berhenti dari perusahaan tersebut. Hal ini juga bisa menjadi alasan kenapa anda harus resign dari pekerjaan itu.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

cara penulisan surat resmi

Setelah mengetahui penjelasan tentang surat pengunduran diri di atas, sekarang akan membahas tentang cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Format penulisannya hampir sama dengan surat resmi lainnya. Anda bisa melihat caranya di bawah ini.

1. Ditulis secara singkat, padat dan jelas

Cara membuat surat pengunduran diri yang pertama harus diperhatikan ialah penulisannya harus singkat dan jelas. Kalimat yang digunakan juga harus menggunakan kalimat yang sopan. Karena bisa jadi penulisan yang sopan akan membuat kesan sendiri bagi pemimpin perusahaan dan akan mengabulkan permohonan resign secara mudah.

2. Ada ucapan terima kasih

Untuk menulis surat pengunduran diri harus disertakan ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan. Anda juga harus mengucapkan terima kasih pada semua teman kerja karena sudah bisa bekerja sama dan membantu pekerjaan yang anda lakukan.

3. Utarakan alasan resign secara singkat dan jelas.

Jika surat resign yang anda buat bertele-tele, pasti pihak yang dituju enggan membacanya. Untuk itu, anda harus menulisnya dengan singkat dan jelas.

4. Tulislah surat pengunduran diri anda diatas kertas putih polos dengan rapi

Penulisan surat pengunduran diri harus diatas kerta polos berwarna putih dengan tulisan yang rapi. Dengan tulisan yang rapi, akan mudah dipahami oleh pembacanya.

5. Sertakan alasan anda mengundurkan diri

Dalam hal ini, anda juga harus memberi alasan kenapa mau resign dari pekerjaan tersebut. Jelaskan secara singkat dan beri alasan yang logis. Jangan sampai anda mencela instansi atau perusahaan tempat anda bekerja.

6. Sampaikan maaf

Yang terakhir, anda harus menyampaikan permintaan maaf yang mendalam kepada pihak perusahaan atas semua kesalahan yang pernah dilakukan.

Selain beberapa hal diatas, anda juga harus memperhatikan poin penting yang harus ditulis dalam surat pengunduran diri dibawah ini.

Tempat, dan tanggal penulisan surat pengunduran diri harus ditulis. Anda bisa menulisnya di bagian atas sebelah kanan surat.

  1. Tulis Nama dan juga alamat tujuan dari surat resign yang anda buat. Jika alamatnya tidak ditulis secara jelas, maka surat itu tidak akan lengkap.
  2. Tulislah isi serta tujuan pembuatan surat resign. Didalam bagian isi surat pengunduran diri, anda harus mencantumkan alasan anda resign dari perusahaan.
  3. Sertakan tanda tangan kemudian tulis nama terangnya juga.
  4. Harus diberi materai diatas tanda tangan.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

contoh surat pengunduran diri
linovhr.com

Setelah mengetahui bagaimana contoh penulisan surat pengunduran diri, sekarang anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar sesuai EYD maupun aturan yang baku.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Tulungagung, 13 Januari 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Gemilang
di Jln. Panglima Sudirman no.12 Tulungagung
Tulungagung Jawa Timur

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Sejahtera Gemilang, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama  : Sulistiyo
Departemen : Marketing dan Informasi
Jabatan  : Sales
No. Karyawan : B334 8988

Dengan ini Saya bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Gemilang karena adanya keinginan untuk melanjutkan study. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa adanya unsur negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk dapat bekerja, disini saya memperoleh banyak pengalaman ilmu baik secara moril dan materi. Saya juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manejemen PT. Sejahtera Gemilang atas semua hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama bekerja.

 

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih.

                                                                                                   Hormat saya

 

                                                                                                  Sulistiyo

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Sederhana

surat resign
agapelocs.blogspot.com

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Jika anda menginginkan untuk resign dari perusahaan tempat anda bekerja, maka anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri dari perusahaan dibawah ini. Format penulisannya hampir sama, anda tinggal menambahkan sedikit keterangan saja.

Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan

Surabaya, 15 Desember 2017

Kepada Yth:
Ibu Syahira Rahmawati
Direktur Utama Maju Terus
Jl. Wahid Hasyim No. 23 Surabaya 66232

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Prayit Septian dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal  20 Desember 2017.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan semoga PT. Maju Terus selalu berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Saya juga mohon maaf jika terdapat perilaku yang kurang berkenan selama saya bergabung di PT. Maju Terus. Demikian surat ini Saya buat dengan penuh kesadaran dan tidak ada unsur paksaan darimanapun. Atas perhatiannya Saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Prayit Septian

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Guru

Salah satu harapan paling besar dari seorang guru honorer ialah memperoleh SK PNS. Namun hal tersebut haruslah dibarengi dengan anda harus mengajar di sekolahan lain berdasarkan keputusan dari pemerintah. Jika hal ini menimpa anda, maka anda bisa membuat surat resign dengan melihat contoh surat pengunduran diri dari guru berikut ini.

Surat Pengunduran Diri

Tulungagung,  8 Januari 2018

Kepada Yth.
Kepala MTs Negeri 1 Tulungagung
Jln. Mastrim Beji Boyolangu Tulungagung

Perihal  : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Aliya Azzahra S.Pd.I
Tempat, Tanggal lahir  : Surabaya, 29 September 1988
Jabatan     : Guru Bahasa Arab
NUPTK     : 1362766668137004
Alamat      : Ds.Beji RT 002 RW 03 Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung

Secara resmi terhitung semenjak hari Selasa tanggal 8 Januari 2018 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Bahasa Arab dari MTs. N 1 Tulungagung, dikarenakan sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS  80% sebagai Guru Garis Depan 2017 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2017, TMT 01-12-2017 yang ditempatkan di Kediri, di MTs.N 1 Kediri.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak MTs. Negeri 1 Tulungagung untuk dapat mengajar, disini saya memperoleh banyak pengalaman ilmu baik secara moril dan materi. Saya juga memohon maaf kepada Bapak Kepala Madrasah dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf di MTs. N 1 Tulungagung atas semua hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama mengajar.

Besar harapan saya bahwa MTs Negeri 1 Tulungagung akan menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

                                                                                                     Hormat saya

 

                                                                                                    Aliya Azzahra S.Pd.I

Contoh Pengunduran Diri dari Sekolah

Jika anda tidak bisa meneruskan sekolah lagi, maka anda juga harus membuat surat pengunduran diri dari sekolah. Penulisannya hampir sama dengan contoh lainnya, namun contoh surat pengunduran diri dari sekolah juga harus ada kop suratnya. Kop surat tersebut bisa meminta pihak TU Sekolah.

SURAT PENGUNDURAN DIRI
No : 001/SMK_BS2/PPM/X/2017

Kepada :
Yth. Kepala SMK Siang Tulungagung
Jl. Mastrip Beji, Boyolangu Tulungagung
Jawa Timur

Dengan Hormat,

Saya bertanda tangan di bawah ini :

Nama siswi   : Dedi Romero
Kelas  : X. TKJ.2
Nomor Induk : 1414.102.31

Mengajukan pengunduran diri dari SMK Siang Tulungagung karena akan pindah ke sekolah SMK lain di luar daerah. Hal ini saya lakukan karena orang tua saya mengajak saya pindah di luar daerah tersebut.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Orang Tua Siswa                                                                              Siswa/Murid

(Bpk. Slamet)                                                                                   (Dedi Romero)

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Sekolah

Ada beberapa hal bagi seorang yang ingin mengundurkan diri dari organisasi di sekolahnya. Salah satunya yaitu ada kegiatan yang mungkin terlalu banyak sehingga kurang bisa mengontrol waktu belajarnya atau sudah kurang totalitas lagi untuk membangun organisasi tersebut. Berikut ini sebagai contoh surat mengundurkan diri dari Organisasi (OSIS) di Sekolah.

Kepada

Yth. Pembina dan Ketua OSIS SMAN Jayakarta
di Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Toni Kurniawan
Kelas : XI IPS 5
Jabatan : Bendahara

Melalui surat ini saya ingin mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari Organisasi OSIS SMAN Jayakarta. Adapun alasan dari pengunduran diri ini sebagai berikut :

1. Orang tua yang belum mengizinkan
2. Kegiatan rapat OSIS yang padat dan menyita waktu belajar
3. Ingin lebih fokus terhadap kegiatan belajar di kelas

Saya selaku bendahara di OSIS Sekolah SMAN Jayakarta selama satu tahun tentunya banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan dalam hal berorganisasi.

Dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMAN Jayakarta. Saya juga mohon maaf jika terdapat perilaku yang kurang berkenan selama saya bergabung di organisasi OSIS.

Besar harapan saya agar mendapatkan izin untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Orang Tua Murid                                                                                                     Hormat saya,

Sugiyanto Atmojo                                                                                                     Abdus Salim

 Menyetujui,

Pembina OSIS    Ketua OSIS 2018

Djamaludin  Bakktiar Arkam

Surat Pengunduran diri Pekerjaan / Karyawan Kontrak

contoh surat pengunduran diri karyawan kontrak

Contoh Surat Pengunduran diri dari Jabatan

Jika anda ingin mengundurkan diri dari jabatan kerja maka sebagai referensi contoh surat pengunduran diri atau resingnya sebagai berikut ini.

Jakarta, 11 November 2013

Kepada Yth,
HRD Manager PT. BSH INVEST
Jl. Raya Mangku Selatan No. 11
Jakarta Timur

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Syaiful Jamil ingin menyampaikan untuk memundurkan diri dari PT. BSH INVEST dengan jabatan sebagai Spv. Marketing, terhitung sejak tanggal 20 Januari 2009.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja dan bergabung di PT. BSH INVEST. Saya juga menyampaikan mohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. BSH INVEST apabila ada kesalahan yang sudah saya lakukan selama bekerja.

Saya sangat berharap semoga PT. BSH INVEST bisa terus berkembang dan mendapatkan predikat yang terbaik di mata masyarakat dan para relasi bisnis yang sudah terjalin dengan baik.

                                                                                              Hormat saya

                                                                                               Syaiful Jamil S.Pd

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Hotel

SURAT PENGUNDURAN DIRI
——————————————————

Bandung, 18 Juni 2014

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Oasis Siliwangi Boutique Bandung
Jl. Lobok No. 10 Riau, Bandung

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama   : Lisa Anggrainy Putri
Tempat/Tgl Lahir : Pamekasan, 21 Juni 1996
Alamat : Jl. Jokotole No. 14 Pademawu, Pamekasan
Jabatan : General Accoaunting Oasis Siliwangi Boutique Bandung

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung sejak tanggal 07 Februari 2009 dengan alasan ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Oasis Siliwangi Boutique Bandung akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Oasis Siliwangi Boutique, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun. Atas pengertiannya, saya mengucapkan terima kasih.

                                                                                                     Hormat saya

                                                                                                      Lisa Anggrainy Putri

Contoh Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris

Bagi anda yang ingin membuat sebuah surat resign dalam bahasa inggris (resignation letter), berikut ini sebagai contohnya.

11th December 2012

To
Human Resources Departement Staff
PT. DEALS ADVERTISING
Jl. Gatot Subroto 45
Surabaya

Subject : Acceptance of Resination Letter

Dear Sir
This is to inform you, i am going to resign from the post of “Graphic Designer” of PT. DEALS ADVERTISING. I have to take this hardly desicion, bacause of my semester final exam held on 27th  December 2012. After exam I have to complete my practical, assignment etc. So, I have to prepare for that.

I hope you will respect my position in this matter. My main thoughts now, I have to complete may study. I want to thank you for all that you have done for me in my employment here. It’s been a pleasure working with you and representing the company.

I wish the company continued success and once again. would like to thank you for allowing me to be a part of your exam. I have enjoyed my relationship with PT. DEALS ADVERTISING and will always speak very highly of the company and you personally.

I expect, if I will come back to my position in future in this company, they will accept me as there formal employee. Also if you needs anything which I can do, please let me inform.

Thank you for your help and guidance during my employement and best wishes for the future.

                                                                                                    Yours faithfully

 

                                                                                                      Doni Kusmanto

Contoh Surat Resign / Pengunduran Diri dari Bank

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Jakarta, 27 Januari 2010

Kepada Yth.
PT. BANK CENTRAL ASIA TBK.
Jalan Jend. Sudirman Kav. 22-23
Jakarta

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawati di PT. BANK CENTRAL ASIA atas :

Nama : Suci Futri Ayunda
Alamat : Jl. Semanggi No. 07, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Dengan ini Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di BANK CENTRAL ASIA, sebagai suatu perusahaan besar selama penempatan di admin support (Verifikasi) di BANK CENTRAL ASIA kurang lebih satu tahun.

Saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manejemen BANK CENTRAL ASIA apabila terdapat hal-hal yang kurang baik yang sudah Saya lakukan selama bekerja di BANK CENTRAL ASIA. Saya juga berharap BANK CENTRAL ASIA menjadi perusahaan yang lebih maju dan sukses terus.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun. Atas pengertiannya, saya mengucapkan terima kasih.

                                                                                                   Hormat saya

 

                                                                                                  Suci Futri Ayunda

Tips Untuk Mengajukan Pengunduran diri

cara membuat surat pengunduran diri
yourstory.com

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat sebuah surat pengunduran diri dengan baik dan sopan. Berikut ini ada tips pengunduran diri yang baik dan sopan untuk anda ?

σ. Berprilaku sopan

Tetap menjaga prilaku kesopanan dan kesan yang baik,  walaupun anda ingin keluar dari jabatan kerja / organisasi tersebut. Karena setidaknya anda pernah mencari nafkah atau mendapatkan pengalaman serta ilmu dari orang-orang yang ada di tempat kerja tersebut. Jadi pengunduran diri bukan berarti putus hubungan semuanya.

σ. Berikan alasan yang baik dan jujur

Tetap menjaga kejujuran terhadapa alasan yang anda berikan sehingga orang lain akan menilai anda nantinya. Sebab bukan tidak mungkin di lain waktu anda akan membutuhkan lagi jabatan tersebut. Jadi tetap bersikap jujur dengan alasan anda supaya bisa dihargai orang lain.

σ. Sampaikan permohonan maaf

Jangan lupa juga, anda sampaikan permohonan maaf terhadap orang yang bersangkutan dan karyawan lainnya. Hal ini akan memberikan kesan yang baik nantinya.

Demikian penjelasan mengenai contoh surat pengunduran diri / surat resign yang sopan, baik, dan benar. Dengan mengetahui bagaimana cara membuat surat pengunduran diri, harapannya anda bisa memahami dan bisa membuat surat pengunduran diri dengan baik dan benar. Semoga menjadi lebih baik dan sukses selalu. 🙂

Tinggalkan komentar