Contoh Surat Kuasa Perwakilan Pengambilan BPKB, Ijazah, Paspor, Gaji +Doc

Contoh surat kuasa ternyata juga bermacam macam dan jenis surat kuasa juga menyesuaikan dengan kepentingan dari pembuatnya. Kemudian surat kuasa yang sudah dibuat akan dibawa oleh pihak yang diwakilkan dan siserahkan kepada pihak yang dimaksud.

Sesudah surat kuasa kamu berikan dan dibaca oleh pihak terkait, maka proses pemberian uang atau dokumen akan dilakukan. Pembuatan surat kuasa sangat penting dilakukan karena orang yang bersangkutan terkadang berhalangan untuk mengurus semua itu. Misalnya saja karena sedang sakit, kemudian sedang ada acara penting, atau ada urusan kerja yang tak dapat ditinggal.

Karena sangat pentingnya membuat surat kuasa, maka pembuatannya juga harus dengan format penulisan yang benar dan baik. Tujuannya supaya pihak yang kamu tuju bisa memahami isi suratnya. Selain itu, permintaan kamu pun akan dipenuhi. Bail untuk melakukan pengurusan, pembayaran maupun pengambilan dokumen penting seperti yang dimaksukan oleh pemberi hak kuasa.

Pengertian Surat Kuasa

contoh surat kuasa

ketika seseorang tidak dapat menghadiri suatu hal secara langsung, biasanya akan dibuat surat kuasa. Surat ini bertujuan untuk dijadikan bukti pemberian kewenangan terhadap orang lain yang sudah di percaya untuk melakukan perwakilan. Hal yang biasa diwakilkan dan membutuhkan surat kuasa ialah pengambilan BPKB, pengambilan uang, pengambilan barang ataupun dokumen penting lainnya.

Jadi, bisa disimpulkan jika pengertian surat kuasa adalah sebuah surat pemberian kuasa ataupun wewenang untuk seseorang yang dipercaya supaya yang bersangkutan bisa bertindak mewakili pihak yang memberikan kuasa. Dikarenakan orang yang telah memberi kuasa tersebut tidak bisa melaksanakannya sendiri.

Fungsi Surat Kuasa

fungsi surat kuasa

Fungsi surat kuasa bisa anda lihat dari pengertian surat kuasa itu sendiri. Yakni sebagai salah satu bukti jika seseorang yang tercantum pada surat kuasa tersebut diberi hak ataupun kewajiban atas apa yang sudah ditulis pada surat kuasa tersebut. Jadi, kamu harus memberikan surat kuasa ini terlebih dahulu agar keinginan dari pihak pemberi kuasa bisa diproses.

Selain sebagai bukti jika kamu diberikan wewenang untuk mengambilkan barang atau dolumen penting, fungsi surat kuasa lainnya ialah bisa dijadikan sebagai sarana bagi kamu untuk mengurus kepentingan anda dengan mudah. Jika kamu tidak membuat surat kuasa ini pasti kamu tidak akan bisa menyuruh seseorang untuk mewakilinya. Karena setiap orang punya kebutuhan yang berbeda, jadi tidak bisa setiap waktu mengurusi hal penting tersebut. Jadi, kamu membutuhkan surat kuasa ini jika sewaktu waktu tidak bisa menjalankan kepentingan ini.

Cara Membuat Surat Kuasa

cara membuat surat kuasa
Cara membuat surat kuasa

Setelah mengetahui apa saja fungsi dan pengerian surat kuasa, sekarang saatnya untuk tahu bagaimana cara membuat surat kuasa. Hampir sama dengan cara membuat surat resmi lainnya, dalam surat kuasa juga ada hal penting yang harus dicantumkan. Diantaranya ialah:

1. Tulis “SURAT KUASA” menggunakan huruf kapital

Cara yang pertama ialah tulisan SURAT KUASA yang dijadikan sebagai judul harus ditulis di tengah-atas layout kertas. Selain itu, tebalkan (bold), serta jika dibutuhkan anda bisa memberinya garis bawah (underline).

2. Tulislah Nama dan Data Diri Pemberi Kuasa

Hal penting lainnya ialah harus ada nama pemberi kuasa. Umumnya untuk menulis namanya, kamu bisa mengawali dengan kalimat “Saya yang bertanda tangan di bawah ini”. Kemudian kamu bisa lanjutkan dengan menuliskan nama lengkap, tempat tanggal lahir, kemudian alamat. Kamu juga bisa menyertakan informasi penting lain seperti:

Jenis kelamin
Pekerjaan
No KTP/ SIM
Alamat Tempat Kamu Kerja

3. Tulis identitas Pihak yang Diberi Kuasa

Kamu juga harus menyertakan beberapa data penting milik yang kamu beri kuasa. Sama halnya dengan data yang kamu cantumkan diatas, kamu juga harus mencantumkan data diri seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, maupun identitas lain jika dibutuhkan.

4. Jelaskan keperluan pembuatan kuasa

Dibagian penulisan surat kuasa yang selanjutnya harus dijelaskan mengenai maksud dari surat kuasa yang dibuat. Seperti untuk mengambil BPKB, mengambil dokumen, maupun pengambilan dokumen penting yang lain. Tulislah secara jelas supaya dimengerti oleh pihak yang dituju.

Contohnya saja untuk pengambilan BPKB, disini harus ditulis pula jenis kendaraan apa yang akan kamu ambil BPKB-nya, kemudian berapa nomor polisi kendaraan tersebut, nomor rangkanya, nomor mesin atau sebagainya.

5. Berilah kalimat penutup

Setelah itu, lanjutkan pada kalimat penutup. Disini akan menerangkan jika surat kuasa yang dibuat dapat digunakan sebagaimana seharusnya.

6. Tanggal Pembuatan dan Tanda tangan Pemberi Kuasa dan yang diberi Kuasa

Pada penulisan surat kuasa yang terakhir, harus ditulis berapa tanggal pembuatannya dan dimana tempatnya. Setelah itu, disertai dengan nama pihak pemberi kuasa lalu yang diberi kuasa. Di bagian ini, kedua belah pihak juga harus bertanda tangan.

Jenis Jenis Surat Kuasa

jenis surat kuasa

Ada beberapa macam surat kuasa yang bisa kamu ketahui. Jenis jenis surat kuasa ini ada 3 macam. Untuk mengetahui apa fungsi masing masing surat kuasa tersebut, anda bisa simak ulasan dibawah ini.

1. Surat Kuasa Perseorangan

Jenis surat kuasa yang pertama ialah surat kuasa perorangan. Surat kuasa ini dibuat seseorang dan diperuntukan bagi orang yang dipercaya sebagai wakil pemberi kuasa. Contoh dari surat kuasa perseorangan ialah surat kuasa pengambilan gaji pensiunan, maupun pengambilan barang yang telah dipesan sebelumnya.

2. Surat Kuasa Kedinasan

Jika surat kuasa perseorangan telah dibuat oleh seseorang, tapi untuk surat kuasa kedinasan ini dibuat pihak perusahaan ataupun instansi. Surat tersebut diberi pada pegawai mereka untuk melakukan hal yang berhubungan pada kepentingan perusahaan ataupun instansi.

Contoh dari surat kuasa kedinasan ialah surat kuasa yang digunakan untuk pengurusan soal-soal ujian nasional. Maupun surat kuasa untuk karyawan yang dipercaya mewakili perusahaan mendatangi acara penting.

3. Surat Kuasa Istimewa

Jenis surat kuasa yang selanjutnya ialah surat kuasa istimewa. Jenis surat kuasa ini akan diberi kepada pihak lain. Seperti surat dari seseorang untuk pihak pengacara dengan tujuan menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pengadilan.

Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar

Melakukan suatu urusan lain di tengah-tengah kesibukan kita pastinya akan tambah rumit. Apalagi keduanya harus segera selesai, namun tidak perlu khawatir dengan urusan tertentu dan bisa diatasi oleh orang yang kamu percayakan. Maka kamu bisa memberikan wewenang kepada orang tersebut untuk mengurusnya.

Hal itu kamu bisa lakukan dengan membuat surat kuasa yang istilahnya hitam di atas putih. Dan sebagai contoh surat kuasa yang baik dan benar berikut di bawah ini:

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Mulyadi S.E
Tempat, tanggal Lahir : Pamekasan, 12 Juli 1984
Alamat : Dsn. Telaga Sari Gg. III Padewawu, Pamekasan
No.KTP : 3527020707900002

Dengan ini memberi kuasa kepada:

Nama : Asbul Suyanto S. Ag
Tempat, tanggal Lahir : Pamekasan, 23 Agustus 1987
Alamat : Dsn. Telaga Sari Gg. III Padewawu, Pamekasan
No.KTP : 3587080508500001

KHUSUS

Untuk mewakili dan bertindak untuk dan atas nama Pemberi Kuasa guna menandatangani akta pendirian PT. DentMas, berkedudukan di Jl. Sumedangan Blok B7 No. 2 Pamekasan, di hadapan Notaris.

Untuk urusan-urusan tersebut, yang diberi kuasa dikuasakan menghadap Notaris, memberikan keterangan-keterangan, membuat/suruh membuat, menandatangani akta-akta atau surat-surat yang diperlukan, tidak ada tindakan yang dikecualikan.

Demikian Surat Kuasa ini diberikan untuk dipergunakan sebagaimana yang semestinya.

Pamekasan, 12 Februari 2018

Yang Memberi Kuasa                                                                           Yang Menerima Kuasa

Materai 6000                                                                                   Materai 6000

MULYADI S.E                                                                        ASBUL SUYANTO S. Ag

Contoh Surat Kuasa Perwakilan

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Abdul Halik
Tempat, tanggal Lahir : Surabaya, 07 Mei 1985
Alamat : Jl. Krian II No. 5 Surabaya
No.KTP : 7524060404800003

Dengan ini memberi kuasa kepada:

Nama : Febri Yanto
Tempat, tanggal Lahir : Jember, 04 Februari 1994
Alamat : Jl. Mawar Gg. IV No. Ponorogo
No.KTP : 2576080506500004

Kepada Penerima Kuasa yang dimaksud bertindak untuk mengurus dan menerima uang penggantian jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK), menerima, menandatangani kuitansi, membuat dan menandatangai surat-surat dan lain sebagainya, demi kepentingan Pemberi Kuasa.

Demikian Surat Kuasa ini diberikan untuk dipergunakan yang semestinya.

Pamekasan, 12 Februari 2018

Yang Memberi Kuasa                                                                           Yang Menerima Kuasa

Materai 6000                                                                                   Materai 6000

MULYADI S.E                                                                        ASBUL SUYANTO S. Ag

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

contoh surat pengambilan gaji
amazonaws.com

Ada banyak sekali contoh surat kuasa yang bisa kamu gunakan untuk referensi ketika kamu ingin mewakilkan sesuatu kepada pihak yang dipercayai. Salah satunya ialah contoh surat kuasa pengambilan gaji berikut ini.

Jika pengambilan gaji kamu sudah ditetapkan pada tanggal tertentu dan kamu berhalangan hadir mengambil gaji tersebut, langkah yang bisa kamu ambil ialah mewakilkannya pada pihak yang kamu percayai untuk mengambil gaji tersebut. Contoh pembuatannya sepeti yang sudah dijelaskan diatas dengan format dibawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Sayid Abdullah
No. KTP : 0770021309770002
Tempat, Tanggal Lahir : Tulungagung, 12 Mei 1995
Alamat : Jln. Kimangun Sarkoro RT.02/RW.03, Tulungagung

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, memberikan kuasa kepada :

Nama Lengkap : Alfian Budianto
No. KTP : 0740067609850002
Tempat, Tanggal Lahir : Tulungagung, 6 September 1994
Alamat : Jln. Mastrip Beji RT.02/RW.05, Tulungagung

Dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambilkan gaji saya pada bulan April karena saya masih berpergian ke luar daerah dengan rangka keperluan bisnis saya.

Dan apabila semua akibat yang muncul karena pengalihan kuasa ini semuanya menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya.

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sebenarnya tanpa ada paksaaan dari pihak manapun dan supaya dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Tulungagung, 8 April 2017

 

   Penerima Kuasa                                                                              Pemberi Kuasa

Materai 6000

    (Alfian Budianto)                                                                           (Sayid Abdullah)

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Ketika seseorang tidak bisa datang langsung ke bank untuk pengambilan uang karena ada kepentingan lain maka orang tersebut bisa membuat surat kuasa kepada orang yang dipercayainya misalnya keluarga atau kerabatnya. Dan sebagai contoh surat kuasa pengambilan uang di bank sebagai berikut :

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Intan Aprilia Sari
Tempat Tgl Lahir : Pekan Baru, 03 April 1991
Alamat           : Jl. Teungku Jati II No. 21  Pekan Baru
No. KTP         : 2567030507300005
No. Telepon  : 081133445533

Sebagai Pemberi Kuasa.

Dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama            : Syamsudin
Tempat, tanggal lahir  : Pekan Baru, 15 Agustus 1989
Alamat          : Jl. Merdeka Gg. 7  No. 12 Pekan Baru
No. KTP        : 3205022507300003
No. Telepon : 085233445577

Sebagai Penerima Kuasa.

Bersama surat ini, saya sebagai pihak Pemberi Kuasa, memberikan Kuasa kepada Penerima Kuasa (suami) untuk melakukan pengambilan uang secara tunai dari rekening Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) milik saya sebesar Rp. 3.500.000,00 (tiga juta lima ratus ribu rupiah). Saya lampirkan data-data penting sebagai berikut:

No. Rekening      : 005320260000xxxx
Atas Nama         : Intan Aprilia Sari
Nama Bank        : Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) KC Pekan Baru

Segala hal atau akibat yang disebabkan oleh Surat Kuasa ini adalah tanggung jawab sepenuhnya Pemberi Kuasa.

Demikian Surat Kuasa ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Pekan Baru, 21 Juni 2017

 Penerima Kuasa                                                                              Pemberi Kuasa

Materai 6000

(Intan Aprilia Sari)                                                                          (Syamsudin)

 

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Jika kamu sedang berada di luar kota dan tidak memungkinkan untuk pulang dalam waktu dekat yang bertepatan pada tanggal pengambilan BPKB, maka kamu bisa menggunakan surat kuasa ini. Contoh pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB juga hampir sama dengan pembuatan surat kuasa lainnya.

Yang membedakan hanyalah fungsinya yakni untuk pengambilan BPKB. Surat kuasa ini bisa kamu percayakan pada orang terdekat kamu misalnya adik atau saudara dekat kamu. Dengan surat kuasa ini, urusan kamu akan berjalan lancar dan pekerjaan yang tidak bisa kamu tinggal pun bisa ditangani. Untuk melihat contoh formatnya, simak pembuatannya dibawah ini.

Contoh 1

contoh surat kuasa pengambilan bpkb

Contoh 2

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Agung Rudianto
No. KTP : 0520078201680002
Tempat, tanggal Lahir : Jogja, 17 Februari 1993
Alamat : Jl. Basuki Rahmat RT.04/RW.05, Jogja

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, memberikan kuasa kepada :

Nama : Muhammad Rizki
No. KTP : 0330041403020002
Tempat, tanggal lahir : Jogja, 16 April 1991
Alamat : Jl. Mangku Timur II RT.02/RW.04, Jogja

Dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA (Penerima Kuasa) untuk mengambil buku BPKB Motor dengan nomor polisi AB 3214 CKZ tahun 2015 dengan nomor mesin F502.ID.703175 dan nomor rangka MH5SD125C52-546081 di PT. ADIRA FINANCE Jl. Simpang Tiga III Blok G / 07 Jogja.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan yang sesungguhnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jogja, 18 Mei 2017

Penerima Kuasa                                                                              Pemberi Kuasa

Materai 6000

(Muhammad Rizki)                                                                        (Agung Rudianto)

Contoh Surat Kuasa Balik Nama

Ketika kamu memiliki atau membeli tanah di daerah lain dan kesulitan dalam mengurus balik nama tanah tersebut dikarena kamu tidak bisa ke lokasi langsung. Maka hal yang kamu perlukan pastinya akan meminta kepada orang kepercayaan untuk mengurusnya. Pastinya kamu membutuhkan surat kuasa mengenai balik nama tanah tersebut. Dan sebagai contoh surat kuasa balik nama sebagai berikut ini:

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sukardjino
Tempat, tanggal Lahir : Depok, 02 Februari 1992
Alamat : Jalan Kayumanis No. 23A Jakarta
No.KTP : 6727050707900007

…….dinyatakan sebagai Pihak Kesatu…….

Dengan sebenarnya memberi kuasa kepada:

Nama : Agung Laksono
Tempat, tanggal Lahir : Tangerang, 27 November 1988
Alamat : Jalan Anggrek Loka II Blok C No. 6 BSD
No.KTP : 2493076508800003

…….dinyatakan sebagai Pihak Kedua…….

Selanjutnya dengan surat ini Pihak Kesatu menyatakan bahwa :

1. Pihak Kesatu memberikan kuasa sepenuhnya kepada Pihak Kedua untuk mengurus dan melakukan balik nama Hak atas sebidang tanah dan bangunannya diatasnya, yang tercantum dalam Akta Jual Beli (AJB) atas nama Pihak Kesatu dengan nomor :

2. Melakukan segera perubahan nama/balik nama kepemilikan atas hak sebidang tanah sebaimana tercantum dalam AJB di atas menjadi atas nama Pihak Kedua.

3. Segala biaya yang ada dalam pengurusan balik nama termaksud di atas, akan ditanggung oleh Pihak Kedua.

4. Hal-hal lain yang tidak tercantum dalam Surat Kuasa ini dianggap sudah selesai dibicarakan antara Pihak Kesatu dan Pihak Kedua.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sebenarnya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Dan bagi yang berpentingan harap memaklumi adanya.

Tangerang, 18 Desember 2017

Pihak Kedua                                                                           Pihak Kesatu

Materai 6000                                                                                   Materai 6000

MULYADI S.E                                                                        ASBUL SUYANTO S. Ag

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Kebanyakan setelah keluar sekolah kita akan terburu buru mencari pekerjaan sebelum ijazah diterima. Hal ini membuat kamu tidak bisa mengambil ijazah ketika disekolah ada pengumuman untuk segera mengambilnya. Apalagi jika kamu bekerja diluar kota dan tidak memungkinkan untuk pulang mengambil ijazah tersebut.

Namun jika ijazah tersebut tidak segera diambil, kamu tidak akan bisa menggunakannya untuk kepentingan pekerjaan kamu. Jalan satu satunya ialah dengan mewakilkan pengambilan ijazah inikepada orang lain yang kamu percaya. Untuk perwakilannya kamu bisa mewakilkan teman kamu atau kakak kamu.

Contoh surat kuasa pengambilan ijazah juga sangat sederhana seperti surat kuasa lainnya. Anda tinggal melihat format penulisan dibawah ini untuk menulisnya.

Contoh 1

contoh surat kuasa pengambilan ijazah

Contoh 2

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Saifudin Zuhri
No. KTP : 06.2014.153103.00008
Tempat dan Tanggal Lahir : Sulawesi, 17 Desember 1990
Alamat : Jln. Basuki Rahmad RT.05/RW.01, Tulungagung

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, menyerahkan kuasa kepada :

Nama Lengkap : Desi Kumala Sari
No. KTP : 03.1001.240582.00006
Tempat dan Tanggal Lahir : Surabaya, 5 Januari 1990
Alamat : Jln. Kimangun Sarkoro RT.01/RW.03, Tulungagung

Dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambil Ijazah asli dan juga fotokopy nya yang sudah dilegalisir, menandatangani semua yang berkaitan dengan pengambilan ijazah tersebut. Apabila dikemudian hari ada permasalahan terjadi maka akan menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Tulungagung, 12 Januari 2018

   Penerima Kuasa                                                                              Pemberi Kuasa

  Materai 6000

(Desi Kumala Sari)                                                                             (Saifudin Zuhri)

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Untuk pengurusan paspor memang memerlukan waktu apalagi sampai mengantri juga. Untuk kamu semuanya yang mungkin dalam keadaan sibuk dan tidak sempat untuk mengambil paspor ke lokasinya maka kamu bisa memberikan kuasa kepada orang yang sudah dipercaya untuk mengambilnya. Berikut ini sebagai contoh surat kuasa untuk  pengambilan paspor:

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Supandy Praja
No. KTP : 152365346723456
Alamat : Jl. Bekatul Timur No. 7A, Batu Raja, Purwokerto

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa.

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

Nama : Moh. Salim Hidayat
No. KTP : 152333144553455
Alamat : Jl. Kampar Tengah Gg. II No. 22 , Ketapang, Purwokerto

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

KHUSUS

Untuk sewaktu-waktu bertindak atas nama PEMBERI KUASA melakukan pengambilan PASPOR di Kantor Imigrasi Kelas I Purwokerto. Surat kuasa ini berlaku secara efektif sejak ditanda tangani dan akan terus berlaku hingga Paspor diterima oleh Penerima Kuasa.

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Purwokerto, 11 Januari 2018

Yang Memberi Kuasa                                                                           Yang Menerima Kuasa

Materai 6000                                                                                   Materai 6000

(Supandy Praja)                                                                        (Moh. Salim Hidayat)

Contoh Surat Kuasa Tanah

Bagi kamu yang memiliki tanah dan ada niat untuk menjualnya namun tidak bisa mengurusnya langsung karena ada kesibukan dengan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Maka kamu bisa memberikan kuasa kepada orang sudah dipercayakan.

Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan membuat surat kuasa tanah untuk memberikan kuasa penuh atau wewenang mengurus penjualan tanah tersebut sesuai kesepakatan. Dan di bawah ini sebagai contoh surat kuasanya :

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                             : Ahmad Supandi
Tempat, tanggal lahir : Sukabumi, 4 November 1985
NIK                                 : 4767455822881
Pekerjaan                      : Petani
Alamat                           : Jalan Kemangi III No. 8 Sukabumi

Dengan ini memberi kuasa penuh kepada :
Nama                             : Mohammad Ihsan
Tempat, tanggal lahir : Sukabumi, 10 Januari 1990
NIK                                : 4775322565552
Pekerjaan                     : PNS
Alamat                           : Jalan Kemplak Barat Blok F No. 7 Sukabumi

Saya memberikan kuasa penuh kepada Mohammad Ihsan untuk menjual atas sebidang tanah yang luasnya 760 m2 (tujuh ratus enam puluh meter persegi) dengan nomor SHM. 142 seri 338, yang terletak di Jl. Tentara Pelajar Km. 203,5 Ds. Siwalan Kec. Babakan Kab. Sukabumi.

Tidak ada seorang pun yang berhak memasarkan atau menjual tanah tersebut kecuali Bapak Mohammad Ihsan. Apabila tanah milik saya tersebut laku terjual, maka Bapak Mohammad Ihsan berhak mendapatkan 5% (lima persen) dari harga penjualan tanah tersebut.

Apabila saya selaku Pemberi Kuasa melakukan pelanggaran-pelanggaran  di luar dari kesepakatan, maka saya siap untuk diproses sanksi sesuai hukum yang berlaku.

Demikianlah surat kuasa tanah ini saya buat dalam kesadaran penuh dan tidak ada paksaan dari pihak manapun supaya dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Sukabumi, 22 Desember 2017

Yang Memberi Kuasa

Materai 6000
AHMAD SUPANDI

Yang Menerima Kuasa

Materai 6000
MOHAMMAD IHSAN

Materai 6000
LUKMAN SURYO SH
Notaris

Contoh Surat Kuasa Khusus

Sebagai contoh surat kuasa khusus yaitu khusus mengenai hukum bisa dilakukan jika memang ada alasan yang sangat darurat, seperti yang bersangkutan dalam keadaan sakit dan perlu perawatan di rumah sakit. Maka hal yang perlu dilakukan yaitu membuat surat kuasa kepada orang yang dipercayakan penuh. Dan berikut sebagai contohnya:

Contoh 1

contoh surat kuasa khusus

SURAT KUASA KHUSUS

Pamekasan, ………………

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : ……………………………
Pekerjaan : ……………………
Alamat : …………………………

Dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama : ………………………
Pekerjaan : …………………
Alamat : ……………………

KHUSUS

Untuk dan atas nama pemberi kuasa :

Menyusun dan mengajukan gugatan kepada : nama……., pekerjaan………., alamat…………..di Pengadilan Negri………. (kalau berkedudukan sebagai kuasa PENGGUGAT )
Mewakili sebagai Tergugat dalam Perkara Nomor : ……./Pdt.G/2010/PN………Melawan : nama………, pekerjaan…….., alamat………., dalam sengketa……………… di Pengadilan Negri…… (kalau berkedudukan sebagai kuasa TERGUGAT)
Mengajukan upaya hukum Banding / Kasasi / Peninjauan Kembali, atas PutusanPengadilan Negri / Pengadilan Tinggi / mahkamah Agung Nomor :……………………………………………… ( untuk mengajukan Upaya Hukum )

Selanjutnya Penerima Kuasa berhak untuk menghadap dan menghadiri semuapersidangan, menghadap pejabat, instansi, hakim-hakim, menerima, membalas danmenandatangani surat-surat / akta-akta, melihat dan mempelajari berkas perkara, memintadan mengangkat Sita Jaminan ( Conservatoir Beslag ), mengajukan dan menolak saksi-saksi,melakukan mediasi, meminta dan memberikan segala keterangan yang diperlukan, memintadihentikan atau dilaksanakan Putusan Hakim, mengambil segala tindakan yang dianggappenting guna pembelaan perkara.

Surat Kuasa ini diberikan dengan Hak Melimpahkan kepada orang lain.

Yang Memberi Kuasa                                                                           Yang Menerima Kuasa

Materai 6000                                                                                   Materai 6000

………………………                                                                       ……………………….

Contoh Surat Kuasa Doc

Jika kamu butuh surat lamaran kerja dalam bentuk doc. atau yang bisa diedit silahkan bisa download format lamaran kerja di link berikut ini : CONTOH SURAT KUASA DOC

Demikian artikel tentang beberapa contoh surat kuasa, semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi para pembaca. Anda juga bisa membaca artikel terkait lainnya pada website dentmasoci.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar