Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaat serta Keutamaannya sangat Istimewa

Niat puasa senin kamis dilakukan ketika kita hendak berpuasa sunnah puasa senin dan kamis. Puasa senin kamis merupakan ibadah puasa mingguan yang dilakukan di hari senin dan kamis. Dan dianjurkan kepada umat islam karena terdapat banyak manfaat dan keutamaan istimewanya.

Kedua puasa sunnah ini tidak hanya dianjurkan saja tapi dalam pelaksanaannya memang langsung dicontohkan oleh nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Maka ketika suatu ibadah yang langsung dikerjakan Rasullullah, sudah pasti kesunnahannya sangat baik dan punya keutamaan tersendiri.

Puasa sunnah senin kamis dianjurkan ini tidak hanya sekedar dikarenakan hari senin adalah kelahiran Rasulullah. Akan tetapi karena kedua hari tersebut merupakan  penyetoran seluruh amal perbuatan manusia kehadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan pastinya semua manusia ingin memperlihatkan amalan-amalan yang terbaik di hadapan Allah.

Niat Puasa Senin Kamis

niat puasa senin kamis
rumaysho.com

Cara niat puasa senin kamis bisa kita lakukan seperti puasa lainnya yang dilakukan pada umumnya. Niat memiliki pengertian sebagai keinginan dalam hati untuk bertindak yang dikerjakan karena hanya untuk Allah SWT. Selain dari hati niat bisa diucapkan secara lisan untuk mempertegas tujuan niat tersebut.

Bacaan niat puasa hari senin

Berikut ini bacaan niat puasa senin dalam bahasa arab, latin, dan artinya :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan latin : NAWAITU SHOUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA.

Terjemahannya : “Saya niat berpuasa sunnah pada hari senin ini karena Allah Ta’ala”.

Bacaan niat puasa hari kamis

Sedangkan bacaan niat puasa kamis dalam bahasa arab, latin, dan artinya :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan latin : NAWAITU SHOUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA.

Terjemahannya : “Saya niat berpuasa sunnah pada hari kamis ini karena Allah Ta’ala”.

Denikian bacaan niat puasa sunnah senin kamis dengan menggunakan bahasa arab, latin, beserta artinya. Silahkan teman-teman dibaca dengan baik, kalau bisa dihafalkan, dan jauh lebih baik lagi jika diamalkan semata-mata karena Allah.

Waktu dalam Melakukan Niat Puasa Senin Kamis

doa puasa senin kamis
XsJJyS.com

Waktu dalam pelaksanaan niat puasa senin kamis dari pendapat khilafiyah kalangan ulama terdiri dua bagian. Pertama melakukan niat di waktu sebelum subuh dan kedua boleh melakukan niat pada siang harinya. Namun untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan penjelasan berikut ini :

Niat puasa senin kamis di waktu sebelum subuh

Pendapat pertama berdasarkan mahzab Maliki yang sudah dijelaskan oleh ulama bahwa niat puasa sunnah wajib dilakukan sebelum waktu subuh. Hal ini atas dasar sabda Rasulullah yaitu :

عَنْ حَفْصَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya : “Dari Hafsah Ummil Mu’minin, sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, siapa yang tidak berniat puasa sebelum subuh maka tidak ada puasa baginya”.

Berdasarkan penjelasan diatas melakukan puasa senin kamis tidak diperbolehkan jika belum melakukan niat sebelum masuk waktu subuh. Karena hakikatnya niat itu adalah kemauan dalam melakukan suatu perkerjaan.

Sedangkan munculnya kemauan ketika kita belum melakukan suatu pekerjaan atau amalan. Jadi hal yang mustahil bilamana kemauan muncul sesudah melakukan pekerjaan / amalan tersebut.

Niat puasa senin kamis boleh pada siang hari

Sedangkan pendapat kedua kebanyakan ulama berasal dari 3 mahzab. Mahzab tersebut terdiri dari Hanafi, Syafi’i, dan Hambali yang berpendapat bahwa tidak menjadi syarat membaca niat puasa senin kamis sebelum waktunya subuh.

Jadi dari 3 mahzab tersebut boleh niat puasa senin kamis dilakukan pada siang hari. Hal tersebut atas dasar hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiallahu anhu yang berbunyi :

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ, هَلْ عِنْدَكُمْ شَىْءٌ ». فَقُلْنَا لاَ. قَالَ,  فَإِنِّى إِذًا صَائِمٌ

Artinya : “Dari ‘Aisyah Ummul Mukminin, Ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menemuiku di suatu hari lantas Beliau berkata, “Apakah kalian punya sesuatu untuk dimakan?” Kami pun menjawab, “Tidak ada.” Beliau berkata, “Kalau begitu saya puasa saja sekarang”.

Demikian hadits yang menjadi landasan boleh niat puasa sunnah senin kamis pada siang hari. Dalam puasa sunnah tersebut ada keringanan boleh berniat di pagi hari. Asalkan belum makan dan minum apapun serta belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Seperti contoh :
Di hari rabu, Anisa tidak ada keinginan berpuasa sunnah pada hari kamis yaitu keesokan harinya. Namun ketika hari kamis pagi sekitar jam 7, dia melihat kakaknya berpuasa di hari itu.  Saat itu Anisa belum makan dan minum apapun serta tidak melakukan yang membatalkan puasa seperti tidak lagi haid dan sebagainya. Kemudian Anisa berniat puasa sunnah hari kamis disaat itu juga dan melanjutkan puasanya sampai tiba waktu buka puasa.

Dari contoh diatas berdasarkan mazhab Hanafi, Syafi’i, dan Hambali, maka puasa sunnah yang dilakukan Anisa itu boleh. Untuk puasa sunnah diperbolehkan kecuali untuk puasa wajib yang memang harus berniat puasa di malam hari atau bersamaan dengan terbitnya fajar.

Doa Buka Puasa Senin Kamis

doa buka puasa
ismailmarzuki.com

Dalam melengkapi dan menyempurnakan puasa senin kamis, tentunya kita dianjurkan mengamalkan sunnah-sunnah lainnya juga. Salah satunya dengan membaca doa sebelum menyantap makanan untuk berbuka puasa senin kamis.

Doa yang lainnya sebagai berikut :

doa buka puasa senin kamis
info-terupd4te.blogspot.com

Itulah doa buka puasa senin kamis dan lafadz doanya tidak lah panjang dan insyaallah mudah dihafal. Untuk selanjutnya diamalkan sebagai penyempurna ibadah puasa sunnah kita.

Tata Cara Puasa Senin Kamis

doa niat puasa senin kamis
youtube.com

Kebanyakan orang menganggap bahwa puasa senin dan kamis harus di lakukan kedua-duanya. Sehingga ketika sudah berpuasa hari senin namun hari kamisnya tertinggal, lalu berpikiran bahwa puasanya tidak sah.

Puasa senin kamis seperti puasa sunnah pada umumnya yaitu menahan lapar dan haus serta menjaga diri dari perbuatan yang membatalkan. Dan yang menjadi cacatan penting adalah puasa hari senin adalah amalan tersendiri, dan hari kamis adalah amalan tersendiri.

Dan memang dua hari dalam seminggu tersebut adalah amalan yang diangkat di hadapan Allah. Sehingga ini merupakan yang sangat baik untuk melakukan ibadah puasa pada hari senin ataupun hari kamis.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat puasa senin kamis

Bagi teman-teman yang melakukan ibadah puasa senin kamis dengan baik dan benar. Maka akan mendatangkan beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

Manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan tubuh

1. Sistem pencernaan tubuh kita akan menjadi tambah sehat. Karena ketika kita sedang melakukan ibadah puasa maka alat pencernaan di dalam tubuh kita sedang beristirahat.

2. Selain menjadikan sistem metabolisme bisa istirahat dengan baik, sebenarnya puasa senin kamis dapat menghilangkan toksin/racun dan kotoran di dalam tubuh kita. Sehingga dengan melakukan puasa senin kamis berarti membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh kita. Bahkan dapat menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang mengandung karsinogen dan racun.

3. Mengobati dan mencegah dari penyakit triglierida tinggi, jantung koroner, kolesterol, kencing manis dan sebagainya. Penyakit tersebut terjadi karena adanya pola makan yang tidak baik, sehingga bisa menyebabkan kegemukan dan lain-lain.

Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan rohani

1. Dengan mengerjakan puasa senin kamis maka bisa memberikan ketenangan dalam hidup.

2. Orang berpuasa senin kamis dapat menjadikan seseorang menjadi lebih sabar, istiqomah dalam beribadah, dan semakin dekat dengan Allah.

3. Puasa senin kamis bisa membawa seseorang untuk terus bertakwa dan beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

keutamaan puasa senin kamis
rockingmama.id

Ada beberapa keutamaan dalam puasa senin kamis yang didapatkan oleh seseorang yang istiqomah dalam mengamalkannya. Diantara keutamaan tersebuat adalah :

  1. Mendapatkan pahala yang berlipat-lipat bagi umat islam yang berpuasa senin dan kamis.
  2. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan keistimewaan pahala secara langsung bagi orang yang mengamalkan puasa senin kamis.
  3. Dengan amalan ibadah puasa ini bisa diampuni dosanya dan bisa menjadi penyebab seseorang masuk surga.
  4. Seseorang yang berpuasa diberikan dua kebahagiaan yaitu kebahagian ketika melakukan buka puasa dan kebahagian diwaktu bertemu dengan Allah.
  5. Di sisi Allah, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum daripada bau wangi minyak kasturi.
  6. Orang yang berpuasa dapat mengontrol hawa nafsu birahinya, baik dari nafsu makan dan minum yang berlebihan maupun dari sikap tidak terpuji.

Dari keutamaan tersebut akan didapatkan bagi orang yang melakukan ibadah puasa, baik yang wajib maupun yang sunnah. Landasan dari keutamaan di atas berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah yang berbunyi :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: “Segala perbuatan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan 10 kebaikan yang sama hingga 700 kali lipat. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : Terkecuali ibadah puasa. Ibadah puasa itu adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang bakal langsung membalasnya. Dikarenakan dia telah mengabaikan syahwat dan makan karenaKu. Bagi orang yang melakukan puasa akan menerima dua kebahagian yaitu kebahagiaan disaat ia melakukan buka puasa dan kebahagiaan disaat bertemu dengan Rabbnya. Dan sesungguhnya bau mulut orang yang sedang berpuasa lebih harum di sisi Allah dibandingkan harumnya minyak kasturi”.

Sesungguhnya keutamaan pahala di balik amalan puasa (wajib maupun sunnah) sangat luar biasa. Semoga dengan mengetahui hal ini kita semua semakin Semangat mengamalkan ibadah puasa tersebut. Terutama di bulan Ramadhan dengan rasa ikhlas semata-mata karena Allah. Semoga Allah mengampuni dosa kita dan menerima amalan baik kita semua.

Tinggalkan komentar