Cara Memperbaiki Aki kering dengan Praktis tanpa ke Bengkel

Cara memperbaiki aki kering dengan metode yang praktis ternyata kita bisa lakukan di rumah. Dan yang perlu kita ketahui jika menggunakan aki kering sebaiknya mengetahui dan memahami bagaimana cara memperbaikinya. Dengan begitu kita tidak perlu pergi ke bengkel dan mengeluarkan biaya banyak untuk memperbaiki aki kering yang rusak.

Dalam memperbaiki aki kering sendiri, yang pertama siapkan peralatan yang dibutuhkan gan. Tenang saja, peralatan yang dipersiapkan disini cukup mudah. Adapun bahan dan alat untuk memperbaiki aki kering sebagai berikut :

  1. Air aki kering (zuur)
  2. Obeng
  3. Kain lap (kain bekas buat serbet)
  4. Lem plastik atau perekat lain juga boleh.
  5. Suntikan plastik atau sped.

Setelah bahan dan alat sudah ada, selanjutnya kita mulai untuk praktek langsung ke TKP gan.

Cara Memperbaiki Aki Kering

cara memperbaiki aki kering
isuzuelf.com

Jika aki kering soak, drop, atau mati pada kendaraan kita, maka tips cara servis aki kering sendiri bisa kita lakukan tanpa harus ke bengkel. Disini kami akan jelaskan buat agan bagaimana tahap-tahap dalam memperbaiki aki kering.

pertama-tama membersihkan bodi aki dari kotoran atau debu-debu yang menempel. Kita juga bisa menggunakan air hangat agar lebih mudah membersihkannya debu-debu yang menempel.

Setelah cukup bersih selanjutnya membuka penutup aki bagian atas menggunakan obeng minus. Yang sabar ya gan, dan berhati-hati dalam membuka penutupnya. Jangan sampe sobek atau pecah. Pada umumnya tutup aki memang keras dan merekat dengan kuat karena dari pabrik memang di lem untuk mencegah kebocoran. jumlah tutup aki biasanya ada 3 untuk yang kecil dan bisa lebih banyak pada ukuran aki yang ampere nya besar.

Isi suntikan plastik dengan air zuur dan masukkan air zuur pada setiap lubang aki kering. Tapi jangan sampai penuh ya gan, ya indikatornya sekitar 1 cm di bawah lubang.

Tutup kembali semua lubang aki tersebut dengan penutupnya. Posisi penutup usahakan seperti keadaan semula dan pastikan tertutup rapat dan tidak bocor atau merembas.  Apabila pembukaan awal dapat menimbulkan kelonggaran maka bisa menggunakan lem plastik (lem tembak) agar tertutup sempurna.

Jika semua itu sudah beres, maka charger accu atau cas aki kita lakukan untuk pengisian tegangan. Untuk cas aki kering bisa dengan 2 cara, pertama bisa jumper ke motor yang sudah menyala untuk mendapatkan tegangan inject awal sebagai starter. kedua bisa menggunakan trafo cas atau charger transformator untuk pengisian lebih cepat.

Charger Transformator (trafo cas aki)

cas aki kering
m.blanja.com

Alat ini merupakan trafo layaknya adaptor cas hp ataupun cas laptop tapi pastinya mempunyai daya dan kapasitas ampere yang lumayan besar. Mungkin sudah umum digunakan oleh para penyedia jasa service aki, penjual aki, atau tukang strum aki.

Memakai alat ini akan lebih efektif dan bisa mengisi daya aki lebih cepat dan stabil. Keistimewaannya charger accu ini terdapat indicator jika setrum aki telah mencapai titik penuh dan siap untuk digunakan.

Jumper dengan aki kendaraan lain

cara ngecas aki kering
catatpengalaman.blogspot.com

Mengisi daya (setrum) aki dengan cara jumper atau pemasangan pararel pada aki lain. Metode seperti ini dapat dilakukan optimal bilamana sumber daya aki yang digunakan untuk menyuplai harus kondisi prima, baik tegangan atau amperenya.

Oleh karena itu sebaiknya dilakukan jumper pada aki yang masih terpasang pada mobil atau motor lalu sambil dihidupkan mesinnya. Cara ini tidak sebagus dengan pengisian aki menggunakan trafo cas, tapi setidaknya bisa memberikan daya awal yang selanjutnya dapat dipasang pada kendaraan tersebut.

Setelah terpasang,  mobil atau motor dinyalakan mesinnya agak lama pada posisi stationer supaya pengisian lebih maksimal sebelum dipakai untuk menyalakan starter maupun perangkat electrical lainnya.

Jika sekiranya aki tersebut sudah memiliki tegangan, maka selanjutnya pasang kembali pada kendaraanmu gan. Dan coba di test starternya untuk menyalakan mesin. Jika mesin berhasil menyala, biarkan pada posisi stationer (putaran langsam) sampai 20 menit guna menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan baik dan stabil.

Jika tahap di atas sudah dilakukan dengan baik, artinya kita sudah berhasil melakukan cara memperbaiki aki yang mati atau soak pada sepeda motor atau mobil.

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi atau Tekor

penyebab aki motor tekor
potretbikers.com

Aki kering merupakan sumber energi baterai untuk memenuhi seluruh komponen peralatan kelistrikan pada mesin bermotor. Dan fakktor penyebab-penyebab aki tidak mengisi atau tekor sebagai berikut :

Kabel longgar dan konslet

Kabel adalah salah satu komponen yang berguna untuk menghubungkan jalur arus listrik dalam kebutuhan sitem kelistrikan khususnya di sitem pengisian. Jika kabel pada rangkaian longgar atau konslet secara otomatis akan berpengaruh pada pengisian dari rangkaian tersebut. Untuk megatasi masalah tersebut cukup memperbaiki jalur kabel yang konslet dirangkaian tersebut.

Bagian generator konslet

Apabila komponen tersebut terbakar atau konslet pastinya akan berpengaruh terhadap sistem pengisian baterai. karena hasil dari arus yang dikeluarkan melalui generator bila ada komponen gosong berakibat konslet. Cara mengatasinya yaitu mengganti yang baru dari gulungan atau komponen tersebut.

Regulator/Rectifier rusak

Komponen tersebut bisa digunakan untuk merubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Dan selalu bekerja sama dengan magnet roda daya serta generator. Jika ada komponen rusak sangat berpengaruh dalam kinerja sistem penerangan. Dan cara mengatasinya mengganti dengan yang baru supaya kinerja motor menjadi baik kembali baik penerangan maupun pengisian.

Cara Merawat Aki Kering agar Tidak Cepat Soak atau Mati

cara servis aki kering
log.viva.co.id

Menjaga kebersihan aki juga akan memberikan manfaat yang baik buat umur atau keawetan pada aki. Dengan rajin membersihkan body dan SEL aki, bisa menghindari terhadap penumpukan material (kerak). Karena kerak ini akan menyebabkan pertalian arus pendek sehingga aki gampang soak dan cepat mati.

Untuk menjaga agar aki lebih awet, sebaiknya dinyalakan untuk pemanasan mesin setidaknya 2 hri sekali sekitar 20 menit meskipun tidak ada aktifitas berkendara.

Aki adalah salah satu elemen penting pada motor karena sebagai sumber energi listrik. Terutama pada motor yang memakai electric starter, pastinya akan kewalahan jika aki sedang bermasalah. Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar usia aki lebih lama dan naik motor pun jadi nyaman.

  1. Melakukan pengecekan pada aki dan perhatikan ketinggian air aki. Pastikan kembali air aki selalu di atas garis low level, jika kurang segera tambah air akinya. Usahakan jangan sampai air akinya benar-benar kosong gan. Jika hal itu dibaiarin maka bisa mengurangi umur pemakaian aki tersebut.
  2. Selesai memakai kendaraan, matikan lampu terlebih dahulu sebelum mematikan motor. Hal ini bertujuan agar beban aki tidak terlalu besar ketika motor dinyalakan kembali.
  3. Sesekali bersihkan di bagian isi aki dengan cara menguras air akinya dengan air hangat. Kemudian keringkan aki sebelum diisi air aki kembali, lalu cas selama 2 jam.
  4. Pada aki kering tidak terlalu banyak perawatannya, yang penting lepas saja kabel negatif aki apabila motor tidak dinyalakan dalam waktu yang lama.
    Terlebih lagi sebelum touring Luar Kota, pastikan semua komponen kendaraan dalam kondisi prima gan.
  5. Sebaiknya periksa juga kondisi sekering (fuse) yang sebagai pengaman kelistrikan mobil atau motor. Sekering ini sangat berpengaruh terhadap keamanan kelistrikan jika terjadi konsleting dari rangkaian elektronik mesin dan lampu-lampu kendaraanmu gan.

Fungsi Aki dalam Keendaraan

Dengan mengetahui cara memperbaiki aki kering yang drop, soak, atau mati, selanjutnya mengetahui apa saja manfaat dan fungsi aki pada kendaraan. Aki salah satu sumber utama kelistrikan pada kendaraan bermotor. Dengan menggunakan aki, motor dan mobil dapat dinyalakan. Dan disaat mesin motor atau mobil sedang dinyalakan, aki secara otomatis akan posisi charger, sehingga aki tetap terinsi tegangan dan awet.

Dalam pemakaian normal, aki dapat bertahan sekitara 6-12 bulan. Hal itu tergantung dari pemakaian dan jumlah listrik yang digunakan.

Fungsi Aki Pada Mobil

accu mobil
detik.com

Penggunaan aki di dalam mobil yaitu penggunakan listrik yang lebih besar daripada sepeda motor. Apalagi ketika mobil yang sudah dilengkapi berbagai fitur tambahan. Penggunaan aki pada mobil merupakan sangat vital, karena mobil memakai hand starter ketika akan dinyalakan. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi aki pada mobil :

Untuk menghidupkan mesin

Ketika menghidupkan mesin mobil, kita dapat menggunakan hand starter atau bahkan di dorong. Mendorong sebuah mobil tentunya melelahkan, bukan. Disini pastinya fungsi aki pada mobil merupakan fungsi yang sangat vital.

Menyalakan Fitur Tambahan

Fungsi selanjutnya yaitu untuk menyalakan berbagai fitur tambahan seperti AC, TV, Audio  dan lain-lain. Dan biasanya aki yang digunakan pada mobil kekuatan tegangannya sebesar 12 Volt.

Fungsi Aki Pada Motor

aki kering motor
spekengine.com

Penggunaan listrik pada sepeda motor lebih sedikit daripada mobil. Namun aki tetap menjadi bagian vital pada sepeda motor. Berikut ini adalah beberapa fungsi aki pada motor :

Menyalakan Mesin

Beberapa motor yang terbaru saat ini, terutama jenis motor sport sudah banyak yang tidak dilengkapi dengan kick starter. Jadi untuk menyalakan mesin motor hanya bisa menggunakan aki atau hand starter.

Dari beberapa jenis motor yang tidak dapat dinyalakan tanpa menggunakan aki. Dengan begitu, baik mobil maupun motor, aki tetap merupakan bagian vital yang harus dijaga kinerjanya. Contoh jenis aki yang sering digunakan adalah aki GS, aki YUASA, aki BOSCH, aki MOTOBATT, dan sebagainya.

Ada yang perlu diperhatikan dalam membeli aki di toko buat agan semuanya. Sebelum kita membeli aki tersebut sebaiknya kita liat kode angka yang ada di bagian atas body. Kode tersebut adalah data waktu pertama kali dilakukan pengecasan aki dari pabrik.

Contoh 08.10.17 jadi aki yang kita pilih ini di cas pertama kali oleh pabrik tanggal 08 bulan 10 tahun 2017. Hal ini berguna agar kita bisa memilih yang sekiranya tidak lewat dari 3-4 bulan. Jika sudah lewat 3-4 bulan dari pengisian pabrik sebaiknya di cas terlebih dulu sebelum digunakan agar aki tetap awet dan tahan lama.

Demikian ulasan mengenai cara memperbaiki aki kering yang soak, drop atau mati beserta hal-hal yang berkaitan. Untuk menjaga kinerja aki tetap stabil dan tahan lama, kita harus menyesuaikan kekuatan aki dengan jumlah listrik yang diperlukan. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk agan semuanya, terima kasih dan selamat mencoba. 🙂

Bagikan :

3 pemikiran pada “Cara Memperbaiki Aki kering dengan Praktis tanpa ke Bengkel”

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa knjungi kami di http : //kapsulgamatemaswalatra. com/obat-herbal-sakit-kepala/

  2. umumnya kl aki biasanya ganti berapa tahun sekali? memang tergantung dari pemakaian. sy tanya secara umum biasanya berapa tahun baru diganti, apakah harus nunggu mati atau bagaimana? mohon solusinya

  3. Aki sepeda motor normalnya bisa bertahan 1,5-2 tahun. Tapi ada beberapa kasus aki gak sampai setahun semisal ada problem sama kelistrikan motor, pemasangan perangkat yang bisa menguras aki motor lebih banyak, dan lain-lainnya. Betul, semua tergantung dari pemakaian dan perawatan juga.

Tinggalkan komentar