sapi metal

9 Jenis Sapi Terbesar di Dunia beserta Gambarnya

Sapi Terbesar di Dunia – Sapi merupakan hewan ternak yang banyak dimanati oleh masyarakat. Karena sapi termasuk salah satu jenis hewan yang mudah di dapat dan cukup mudah dalam pemiliharaannya.

Cara tujuan peliharaanya pun beragam salah satu contoh seperti sapi potong untuk konsumsi dagingnya, sapi perah untuk konsumsi susunya, dan lain-lain.

Namun ada juga yang dipentaskan baik dari segi badan sapi yang kekar dan besar (sapi terbesar) bahkan dari segi pacuan larinya (kerapan sapi). Bahkan sapi ini juga merupakan hewan populer untuk dijadikan hewan kurban bagi umat muslim yang bertepatan di hari Idul Adha. Dari situ kita dapat liat bahwa sangat besar sekali peranan sapi dari berbagai aspek manfaatnya bagi manusia.

Banyak orang menginginkan hasil ternak sapinya berkualitas bagus yaitu berbadan besar dan tinggi serta berbadan gemuk. semakin bagus kualitas sapi tersebut maka semakin mahal harganya. Namun tanpa kita sadari bahwa ada banyak jenis sapi dengan postur tubuh yang diantas normal dengan badan tinggi dan besar. Bahkan salah satu diantara mereka yang memiliki sapi terbesar mendapatkan sebuah penghargan atau rekor dunia.

Sapi Terbesar di Dunia

Tentu kita pastinya penasaran bukan? Sapi apa saja yang menduduki peringkat Sapi Terbesar di Dunia. berikut daftar nama sapi yang sudah termasuk nominasi Sapi terbesar di dunia :

1. Sapi Blossom

Sapi Terbesar di Dunia
Gambar Sapi Blossom | 4.bp.blogspot.com

Sapi Blossom merupakan sapi peliharaan dari Patty Hanson yang tempat peternakannya ada di Orangeville, Amerika. Berdasarkan Patty Hanson mengungkapkan bahwa sapi blossom terlihat berbeda sejak kecil. Hal itu terbukti dari bobot sapi blossom ini lebih berat dua kali lipat daripada sapi yang lainnya.

Perkembangan sapi blossom sangat cepat pertumbuhannya baik badan dan bobotnya bertambah makin besar. Dan Patty Hanson memberikan nama “Blossom” untuk sapinya sejak usia sapinya 8 tahun.

Sapi Blossom ini sebagai sapi terbesar di dunia dengan tinggi mencapai 1,93 meter dan beratnya mencapai 1 ton dan sapi tersebut pernah tercantum di buku “Guiness of Record”. penghargaan itu diberikan kepada Patty Hanson sebagai pemilik sapi terbesar di dunia sepanjang sejarah.  Tapi pada akhirnya sapi blossom meninggal dunia di usia 13 tahun karena sapi tersebut mengalami cidera pada kakinya.

2. Sapi Mount Katahdin

Sapi Terbesar di Dunia
id.piterest.com

Sapi Mount Katahdin adalah sapi jenis Holstein Durham yang pada hakekatnya sapi yang tubuhnya sangat besar. Dan sapi dengan nama Mount Katahdin ini pertumbuhannya sangat siknifikan. Karena pada usia 4 tahun sudah memiliki tinggi 1,88 meter dan panjangnya 3,96 meter tentu hal ini menjadi pusat perhatian publik dalam rekor sapi terbesar di dunia.

Sapi Mount Katahdin tercatat dalam Guiness of Record dengan sebuah rekor dunia kategori sapi tertinggi. Sapi ini hidup sejak tahun 1906 dan meninggal dunia pada tahun 1910.

3. Sapi Britain

Sapi Terbesar di Dunia
Gambar Sapi Britain | lihat.co.id

Sapi Britain merupakan salah satu jenis sapi potong di Negara Inggris. Di kalangan masyarakat Inggris banyak mengkonsumsi sapi ini karena sapi ini memiliki daging yang tebal dan bagus . Untuk pertumbuhan sapi Britain memang sangat cepat daripada sapi yang lainnya.

Untuk berat badan sapi Britain yaitu sekitar 1,6 ton. Dengan berat badan yang demikian itu adalah pencapaian yang sangat luar biasa. Sehingga sapi Britain dinobatkan salah satu sapi terbesar di dunia.

4. Sapi Chilli

Sapi Terbesar di Dunia
Sapi chilli indonesia | i.ytimg.com

di Negara Indonesia terdapat banyak jenis sapi. Dan salah satu sapi yang termasuk nominasi sapi terbesar di dunia yaitu Sapi Chilli dari jenis sapi FH. Dan sapi ini juga sudah mendapatkan rekor muri. Sapi Chilli ini merupakan hasil peternakan dari perusahaan di indonensia yang bernama PT Agro Fauna Kertosari.

Sapi Chilli merupakan sapi perah yang memiliki berat badan mencapai 1 ton dan tinggi badan 1,97 meter. Kabarnya Sapi Chilli ini bisa produksi 6,35 ribu liter susu sapi tiap tahunnya. Dan itu rekor tertinggi penghasil susu sapi terbanyak di Indonesia. Tapi pada akhirnya sapi Chilli ini dijadikan hewan kurban Hari Raya Idul Adha tahun 2014.

5. Sapi Chili

Sapi Terbesar di Dunia
Sapi Chili inggris |vebma.com

Nama sapi Chili dari Negara Inggris ini hampir sama dengan sapi Chilli dari Indonesia cuma beda satu huruf saja. Sapi Chili memiliki berat badan sekitar 1,25 ton dan ini lebih berat daripada sapi Chilli di Indonesia. sedangkan untuk tinggi badan sapi Chili mencapai sekitar 1,95 meter tapi tingginya masih kalah daripada tinggi sapi Chilli.

6. Sapi Brahman

Sapi brahman
Gambar Sapi Brahman |1.bp.blogspot.com

Sapi Brahman berasal dari Negara India yang turunannya dikembangkan dari sapi Zebu. Pada awalnya sapi ini tidak berukuran besar. Namun setelah ada pengembangan kualitas genetik maka sapi Brahman menjadi ukuran besar dan berkualitas.

Dengan perkembagan ilmu genetik yang sudah maju, maka sapi Brahman ini dikembangkan dengan persilangan dari sapi lain yang berkualitas. Di negara Australia menyilangkan sapi Brahman dengan jenis sapi hereford, shorthorn, dan droughmater (sapi perah). Proses Persilangan ini dimentori langsung dari Amerika.

Sapi Brahman mempunyai ciri-ciri khas dengan postur tubuh yang sangat besar. Sapi ini juga terdapat ukuran punuk yang besar dan kulit lebar serta punya glambir yang lebar di bawah leher dan perutnya. Sedangkan untuk bobot tubuh sapi ini mencapai 1 ton. Dengan karakter tubuh yang besar ini menjadikan sapi Brahman termasuk salah satu sapi terbesar di dunia.

7. Sapi Metal atau Simental

sapi metal
Sapi Simental | 2.bp.blogspot.com

Sapi Simental begitulah masyarakat Indonesia menyebutnya. Sapi ini merupakan jenis sapi perah dan pedaging yang pertama kali dikembangkan di daerah lembah Simme, Negara Swiss.

Di Negara Australia sapi Simental terkenal dengan nama Fleckviech sedangkan di Perancis terkenal dengan nama Pie Rouge. Namun saat ini sapi Simental banyak dikembangkan di Benua Eropa dan Benua Amerika. Sapi ini menjadi pilihan karena memiliki banyak keunggulan baik sebagai sapi perah atau sebagai sapi pedaging.

Dengan kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi terhadap daging sapi dan susu, maka mengembangkan peternakan sapi Simental merupakan pilihan yang sangat tepat. karena sapi ini banyak menghasilkan susu dan daging yang berkualitas.

Sapi Simental memiliki ciri khas seperti warna bulu kulit coklat kemerahan atau merah bata dan bagian muka, lutut kebawah, dan ujung ekor berwarna putih. Untuk berat tubuh sapi ini mencapai 1,15 ton. Sungguh bobot yang luar biasa bukan? makanya dengan kualitas sapinya yang besar dan unggul, sapi ini tergolonng salah satu sapi terbesar di dunia

8. Sapi Bellino

sapi ras
Gambar Sapi Bellino | img.uodoo.com

Sapi Bellino berasal dari Italia. Bellino adalah nama seekor sapi besar yang diberikan oleh Giuseppe Sola.

Sapi Bellino menjadi pusat perhatian masyarakat kota Roma, Italia karena sapi ini adalah sapi terbesar. Sapi ini memiliki tinggi tubuh mencapai sekitar 6 kaki 7 inchi atau setara 2.027 meter. Dan jenis sapi ini merupakan jenis Chianina dan masyarakat sering menyebutnya sapi ini adalah lembu.

9. Sapi Florino

Sapi Terbesar di Dunia
Sapi Florino | jerseymarketingservice.files.wordpress.com

Di Negara Italia ada seorang warga bernama Antonio Sola yang memiliki sapi tertinggi. Sapi tersebut diberi nama Florino dan sapi ini tidak kalah tingginya dengan yang sapi lain. Tinggi tubuh sapi florino mencapai sekitar 6 kaki 8 inchi atau sekitar 2,05 meter. Sapi Florino merupakan jenis sapi chianina juga.

Demikian informasi tentang sapi terbesar di dunia. Beberapa sapi yang sudah terpilih ini merupakan sapi-sapi yang memang menyandang kandidat dan tercantum rekor sejarah dunia. Semoga bisa menjadi inspirasi kepada si pecinta sapi mania dan kepada kalangan masyarakat semuanya.

Bagikan :

Tinggalkan komentar