Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Ampuh Tanpa Rebonding

Cara meluruskan rambut sekarang sudah mulai banyak dijadikan pilihan di kalangan anak muda. Dan banyak wanita yang ingin mempunyai rambut lurus secara alami. Namun terkadang cara alami untuk meluruskan rambut biasanya mereka kurang puas dan kurang bersabar karena mereka ingin cara yang instan.

Namun pada akhirnya rambut mereka pun malah mengalami masalah cukup serius padahal mereka juga sudah banyak mengeluarkan uang untuk melakukan hal seperti itu. Selain itu, pemakaian dengan cara yang instan umumnya akan berdampak buruk pada rambut nantinya.

Contohnya seperti rambut menjadi kering, bercabang, bahkan menjadi tempat sarangnya kutu. Berbeda dengan orang yang memakai dengan cara membuat rambut lurus secara alami, oleh karena itu dengan cara alami ini kamu akan mempunyai rambut lurus yang permanen walaupun perlu proses yang cukup lama.

Cara Meluruskan Rambut

cara meluruskan rambut

 

Ada banyak cara meluruskan rambut yang bisa kita lakukan. Untuk mengetahui bahan alami apa saja yang dapat digunakan untuk cara meluruskan rambut, berikut ini penjelasannya :

Minyak Zaitun

cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun

Banyak orang yang meyakini bahwa minyak zaitun ini sebagai minyak serbaguna yang banyak khasiatnya. Manfaat minyak zaitun sendiri banyak dimanfaatkan orang dalam bidang kesehatan sampai sekarang. Kandungan minyak zaitun yaitu biotin, niacin, vitamin E dan D dapat membantu kesehatan rambut secara alami dan ampuh. Misalnya mengataasi masalah kerontokan, kesuburan pada rambut serta membuat rambut lurus.

Tidak hanya itu, rambut juga akan menjadi lurus, dan semakin sehat jika kita menggunakan bahan alami ini. Pemakaian minyak ini sebagai cara agar rambut lurus dan hitam sesuai yang diinginkan.

Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun :

  • Sediakan minyak zaitun secukupnya sekitar 1/2 cangkir saja lalu panaskan beberapa menit.
  • Lalu tuangkan 1/2 cangkir ramuan daun rosemary kering ke dalam minyak zaitun panas. Yaitu dengan meremas-remas daun tersebut. Tungguhingga ramuan cukup dingin.
  • Setelah ramuan tersebut dingin, maka minyak ramuan ini bisa dioleskan pada rambut sambil dipijat dengan lembut.
  • Tunggulah kurang lebih 30 menit atau sampai ramuan taddi sudah terserap oleh kulit kepala.
  • Kemudian, keramas dan kita bisa memakai kondisioner sesudah selesai keramas.

Kita bisa mengiringkan rambut dangan menggunakan handuk atau bisa juga dengan membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Supaya hasilnya menjadi maksimal, maka lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

Daun Seledri

cara meluruskan rambut dengan seledri

Untuk meluruskan rambut berikutnya kita bisa menggunakan bahan alami yaitu seledri. Kandungan gizi seledri diantaranya protein, mineral, antioksidan, dan poliasetilena. Poliasetilena ini sebagai anti bakteri dan anti jamur sehingga membantu untuk kesehatan rambut. Sehingga seledri ini dapat mengatasi rontok, mengatasi ketombe, menghitamkan rambut, dan satu lagi yaitu dapat meluruskan rambut secara alami.

Cara menggunakan daun seledri untuk meluruskan rambut :

  • Siapkan daun seledri secukupnya.
  • Haluskan seledri tersebut dengan cara diblender sehingga menjadi jus.
  • Kemudian simpan jus seledri tersebut didalam sebuah botol selama semalam saja.
  • Pakailah ramuan ini disaat kamu mau tidur dan diamkan sampai pagi.
  • Setelah itu menyisir rambut yang sudah dikasih ramuan seledri, dan tutup selama ½ hari.
  • Kalau sudah, kamu bisa keramas dan bisa menggunakan kondisioner.

Jika suka dengan cara seperti ini maka lakukan secara teratur. Tapi jika dengan cara ini kamu merasa agak ribet atau sulit, maka bisa menggunakan bahan alami lain yang lebih mudah. Kamu bisa memakai cara meluruskan rambut yang mudah kamu lakukan.

Minyak Almond

cara meluruskan rambut dengan minyak almond

Minyak Almond merupakan salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk meluruskan rambut. Kandungan lemak dan vitamin E pada minyak almond dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut. Kamu juga bisa memanfaatkan minyak sebagai cara meluruskan rambut keriting secara alami

Minyak almond ini sering menjadi rekomendasi dari pakar rambut sebagai kombinasi yang baik. Dengan komposisi lemak ini sangat bermanfaat untuk sebagian besar jenis rambut. Manfaatnya pun bisa melembutkan dan memperkuat rambut serta sebagai cara meluruskan rambut ikal secara alami sesuai yang kita inginkan.

Untuk hasil yang maksimal kamu juga bisa memakai kondisioner sekaligus minyak almond ini supaya hasilnya lebih maksimal.

Cara meluruskan rambut dengan minyak almond:

  • Sebelum memakai minyak ini maka bersihkan rambutmu terlebih dahulu dengan keramas.
  • Seperti biasa gunakan kondisioner sesudah keramas dan tambahkan juga beberapa tetes minyak almond setelah kamu gunakan kondisioner tadi.
  • Dalam mengeringkan rambutkamu, jangan memakai hair dryer. Tunggu aja dan biarkan kering dengan sendirinya. Dan bisa menggunakan handuk lembut dan menepuk-nepuk rambutmu yang masih basah tadi.

Kamu juga memakai cara lain hanya dengan mencampurkan minyak almond ke dalam kondisioner kamu. Jadi, ketika kamu sudah keramas maka tinggal memakai campuran tersebut sebagai pilihan alterbatif cara meluruskan rambutmu secara alami.

Telur dan Susu

cara meluruskan rambut dengan telur dan susu

Metode cara meluruskan rambut secara alami selain minyak almond ternyata khasiat dari telur dan susu dapat digunakan juga. Jadi kamu bisa memanfatkan kandungan zat dari putih telur dan jenis susu untuk meluruskan rambut secara alami. Cara meluruskan rambut dengan telus dan jenis susu sapi sangat mudah yaitu dengan langkah-langkah berikut :

  • Pertama kali sediakan bahan alaminya yaitu telur dan susu.
  • Langkah berikutnya yaitu mengambil bagian putih telurnya dan masukkan ke dalam wadah.
  • Setelah itu tuangkan jenis susu putih dua cangkir ke dalam wadah tersebut (dicampur).
  • Setelah dicampur kedua bahan  tersebut lalu aduk sampai merata.
  • Jika ramuannya sudah selesai diaduk maka bisa digunakan dengan cara mengoles pada rambut. Kamu juga bisa memakai sarung tangan plastik terlebih dahulu sebelum mengolesnya dengan tangan.
  • Oleskan pada setiap helai rambut sesudah itu, tunggu sekitar 15 menit. Bungkus rambut dengan topi mandi.
  • Setelah semua itu selesai maka kamu bisa bersihkan rambut dengan keramas dan jangan lupa memakai kondisioner setelah keramas supaya hasilnya lebih maksimal.

Cara bahan alami diatas memang menimbulkan bau amis karena bahan alami terdiri dari telur. Tapi bau amisnya akan hilang juga nantinya setelah kamu membersihkan rambutnya dan memakai kondisioner setelah keramas.

Minyak Kedelai

cara meluruskan rambut dengan minyak kedelai

Minyak kedelai banyak mengandung minyak omega 3 yang sangat tinggi. Dan kandungan tersebut sangat membantu untuk meluruskan rambut secara alami. Cara meluruskan rambut dengan minyak kedelai ini hampir sama dengan bahan yang lainnya yaitu dengan langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama sediakan minyak kedelai dan minyak jarak.
  • Kedua bahan alami tersebut dicampur dalam satu wadah dengan takaran 1 sendok makan minyak kedelai dan 2 sendok makan minyak jarak. Lalu aduk sampai merata.
  • Panaskan ramuan tersebut sampai cukup matang kemudian diamkan dan tunggu beberapa sampai minyak tersebut dingin.
  • Setelah dingin maka minyak ini bisa digunakan, yaitu oleskan pada bagian kepala dari akar rambut sampai ujung rambut.
  • Lakukan juga dengan pemijitan secara lembut sehingga ramuan minyak tersebut merata dan meresap.
  • Setelah itu, tunggu sekitar 30 menit dan seperti biasa membersihkan rambut dengan keramas. Kemudian pakai kondisioner agar hasilnya bisa optimal.

Cara ini juga bisa kamu lakukan secara rutin agar hasilnya juga maksimal. Bahkan cara ini juga sering orang gunakan sebagai alternatif meluruskan rambut.

Gel Lidah Buaya

cara meluruskan rambut dengan gel lidah buaya

Banyak produk perawatan rambut yang menggunakan bahan alami salah satunya adalah lidah buaya. Bahkan kita pun bisa memakai bahan alami ini untuk meluruskan rambut yang cukup ampuh.

Adapun senyawa penting yang berkhasiat untuk kesehatan rambut. Bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut yang secara alami.

Cara meluruskan rambut dengan gel lidah buaya :

  • Siapkan satu batang lidah buaya.
  • Seperti pada umumnya, ambil bagian dalamnya yang berupa gel.
  • Panaskan gel lidah buaya tadi hingga meleleh atau bentuknya sudah cair.
  • Setelah itu gel dapat digunakan langsung pada rambut.
  • Penggunaa gel lidah buaya ini bisa dicampur kondisioner terlebih dahulu.
  •  diamkan sebentar kira-kira 30 menit dan bilas rambut dengan air bersih.

Dengan memakai cara ini, maka rambutmu akan nampak lurus dan lebih berkilau. Gel lidah buaya ini bisa membuat rambut lebih terjaga kesehatannya dan mempunyai warna yang lebih pekat.

Bahan Cuka

cara meluruskan rambut dengan cuka

Kali ini cara meluruskan rambut ikal dengan cuka, mungkin jarang orang tahu tentang hal ini. Ternyata kandungan zat pada cuka bisa membuat rambut menjadi lurus secara alami. Tapi bahan cuka ini hanya sebagai tambahan saja.

Jadi sebelum penggunaannya maka terlebih dahulu rambut kamu diluruskan dengan memakai bahan pelurus lainnya. Ya bisa kita bilang bahan cuka ini sebagai pendukung dari bahan alami lainnya agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Cara menggunakan cuka untuk membuat rambut lebih lurus tanpa rebonding :

  • Siapkan Bahan cukanya dan jangan lupa untuk menambahkan segelas air atau secukupnya
  • Kemudian oleskan langsung pada kulit kepala dan tunggu sekitar 30 menit.
  • Setelah itu bersihkan rambut dengan keramas lalu memakai kondisioner untuk hasil yang maksimal.
  • Keringkan rambut sembari menepuk-nepuk rambut dengan handuk yang lembut.

Dengan campuran alami yang terdiri dari cuka dan air, dapat menjadikan rambut lurus. Selain lurus, menjadikan rambur nampak sangat licin dan bersinar dengan pemakaian cuka secara rutin.

Yoghurt dan Telur

cara meluruskan rambut dengan Yoghurt dan Telur

Metode meluruskan rambut secara alami berikutnya yaitu dengan melakukan campuran bahan alami yoghurt dan telur. Dalam mengandung yoghurt juga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut kamu. Salah satunya adalah meluruskan rambut secara alami.

Cara meluruskan rambut ikal dengan yoghurt dan telur yaitu :

  • Sediakan yoghurt dan telur juga secukupnya
  • Campurkan kedua bahan alami tersebut ke dalam satu wadah
  • Setelah itu, oleskan campuran yighurt dan telur tadi pada rambut.
  • Lakukan pemijatan ringan sesudah melakukan pengolesan. Pemijatan tersebut dilakukan agar bisa meresap di dalam permukaan kulit kepala.
  • Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas rambut dengan shampoo. Setelah bisa memakai kondisioner.

Car diatas bisa kamu lakukan di rumah secara rutin agar hasilnya pun bisa maksimal. Metode ini sebagai cara membuat rambut halus dan mengkilat.

Pisang dan Pepaya

cara meluruskan rambut dengan pisang dan pepaya

 

Pisang dan Pepaya memang terkenal sebagai bahan alami untuk produk kecantikan. Namun selain itu pisang dan pepaya ini juga bisa sebagai bahan herbal untuk meluruskan rambut dan menjaga kesehatan rambut juga.

Cara meluruskan rambut dengan pisang dan pepaya ini bisa kamu lakukan dimana saja. Karena bahannya pun sangat mudah kita jumpai. Cara menggunakan pisang dan papaya untuk meluruskan rambut :

  • Siapkan buah pisang dan pepaya.
  • Campur kedua bahan tersebut dalam satu wadah.
  • Bersihkan terlebih dahulu kedua bahan tersebut sebelum dicampur.
  • Supaya hasilnya lebih maksimal kamu menambahkannya dengan 1 sendok makan madu murni.
  • Setelah itu aduk ketiga bahan alami tersebut sampai merata.
  • Gunakan ramuan yang sudah dicampur tersebut dan bisa dioleskan langsung pada rambut.
  • Berikan pemijatan pada kulit kepala agar ramuan tadi bisa meresap.
  • Tunggu sampai kering lalu bilas rambut dan keramas.
  • Setelah itu gunakan kondisioner dan keringkan.

Dengan beberapa bahan alami diatas bisa menjadikan rambut lurus secara alami dan rambut juga akan menjadi lebih halus.

Tepung Beras dan Telur

cara meluruskan rambut dengan tepung dan telur

 

Cara meluruskan rambut yang satu ini yaitu dari masker telur dan tepung beras. Kita dapat memakai masker ini untuk kulit kepala supaya rambut tetap sehat dan semakin lurus. Caranya punsangat mudah yaitu dengan melakukan langkah-langkah berikut :

  • Sediakan telur dan tepung beras.
  • Gunakan bagian putih telurnya saja kemudian campur dengan tepung beras sebanyak 5 sendok makan.
  • Aduk campuran tersebut hingga berbentuk pasta.
  • oleskan pada kulit kepala hingga ke ujung rambut secara merata.
  • Setelah itu sisirlah rambut dengan satu arah supaya berbentuk lurus dan diamkan sampai 60 menit.
  • Bilas rambut dengan keramas sampai bersih, setelah itu gunakan kondisioner juga.

Untuk hasil maksimal, dianjurkan pemakaian cara ini hanya 1 kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering karena akibatnya tidak terlalu bagus untuk rambut. Cukup 1 kali dalam seminggu, bisa dilakukan secara rutin. Nantinya akan membuat rambut lurus lebih maksimal.

Minyak Jarak

cara meluruskan rambut dengan minyak jarak

Ternyata pada kandungan minyak jarak sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Salah satunya yaitu untuk meluruskan rambut. Cara melakukannya juga sangat gampang. Jadi kamu tinggal melakukan langkah-langkah dibawah ini :

  • Sediakan minyak jarak secukupnya.
  • Lalu panaskan minyak jarak sampai cukup matang.
  • Oleskan langsung pada rambut saat minyak jarak tersebut masih terasa hangat.
  • Jangan lupa memijat kulit kepala secara lembut.
  • Bungkuslah rambut memakai handuk hangat (sudah direndam oleh air hangat sebelumnya).
  • Tunggu sekitar 30 menit, kemudian bilas dan keramas.
  • Untuk hasil yang maksimal bisa menggunakan kondisioner juga.

Pemakaian bahan alami minyak jarak ini, akan menjadikan rambut lurus secara alami. Dan tidak ada efek samping sebab senyawa dalam minyak jarak bersifat positif pada kesehatan rambut.

Madu dan Susu

cara meluruskan rambut dengan madu dan susu

Menggunakan madu dan susu sebagai bahan alami untuk  menjadikan rambut lurus tanpa rebonding ke salon. Madu memang sudah banyak dipakai untuk dimanfaatkan dalam kesehatan rambut. Dengan dicampur susu, maka hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal untuk meluruskan rambut.

Langkah-langkah cara meluruskan rambut dengan madu dan susu :

  • Siapkan susu tawar sebanyak 1 gelas campurkan madu 2 sendok makan saja.
  • Siapkan juga buah strawberry yang masih segar yang dihaluskan sebelumnya.
  • Setelah halus, campurkan kedalam susu dengan madu tersebut.
  • Aduklah hingga semua bahan tercampur secara merata
  • Selanjutnya oles pada kulit kepala sampai ujung rambut dan tunggu sampai 12 jam.
  • Sekiranya ramuan tersebut terserap kulit kepala, lalu bilas sampai bersih bisa juga dengan keramas pakai shampoo.

Bahan alami tersebut sangat ampuh dalam meluruskan rambut. Jadi kita dpaat memakai bahan alami ini untuk meluruskan rambut secara alami tanpa efek samping.

Santan dan Jeruk Nipis

cara meluruskan rambut dengan santan dan jeruk nipis

Selain dari madu dan susu, kamu juga dapat memanfaatkan santan dan jeruk nipisuntuk meluruskan rambut secara alami. Bahkan kita juga bisa memakai kedua bahan alami tersebut sebagai kondisioner rambut secara alami.

Cara meluruskan rambut dengan santan dan jeruk nipis :

  • Sediakan bahan alami yaitu santan dan jeruk nipis.
  • Selanjutnya campur kedua bahan alami tersebut lalu aduk hingga merata.
  • Oleskan ramuan ini pada kulit kepala sampai ujung rambut.
  • Setelah itu, diamkan sampai ramuan tersebut kering dan meresap dikulit kepala.
  • Kemudian keramas dengan shampoo seperti biasanya dan gunakan kondisioner.

Kita dapat memanfaatkan dan menggunakan semua bahan alami ini sebagai cara meluruskan rambut secara alami tanpa efek samping. Penggunaannya bisa dengan 2 kali seminggu. Jika terlalu sering dikhawatirkan dapat mengganggu produksi minyak oleh rambut secara alami.

Selain menggunakan bahan alami diatas kita tidak perlu menggunakan peralatan modern seperti rebonding maupun peralatan lainnya. Cukup dengan cara mengoleskan bahan alami tersebut lalu kita bersihkan dengan keramas seperti biasa. Kita juga dapat memakai kondisioner sesudah keramas supaya hasilnya lebih maksimal.

Tinggalkan komentar