pengertian alat musik tradisional

√ Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia dan Cara Memainkannya

Alat musik tradisional sekarang ini sangat jarang ditemukan di masyarakat. Karena jaman yang semakin modern, maka alat musik tersebut yang dulunya banyak dikenal masyarakat kini semakin jarang dikenal. Apalagi sekarang ini telah banyak alat musik modern yang tentunya lebih dikenal daripada alat musik tradisional.

Alat Musik Tradisional

alat musik tradisional
Gambar alat musik tradisional Indonesia | idrus.co

Alat musik tradisional Indonesia adalah alat yang digunakan untuk mengiringi lagu suatu daerah. Alat musik ini biasanya digunakan dalam setiap daerah asalnya. Jadi masing masing daerah juga mempunyai alat musik tradisional sendiri ataupun lagu daerah sendiri.

Itu semua tergantung dari budaya daerah tersebut dan keseniannya. Sejarah masyarakat juga bisa mempengaruhi alat musik tradisional yang digunakan. Sehingga untuk mengetahui alat tersebut dari daerah mana, kamu harus tahu dulu bagaimana kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

Musik tradisional merupakan jenis musik yang ada di masyarakat dan diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun yang sekarang ini masih dipertahankan untuk sarana hiburan. Selain itu, musik tradisional yang berkembang pada suatu daerah juga menggunakan bahasa, gaya maupun tradisi khas dari daerah tersebut.

Seni musik tradisional juga termasuk salah satu jenis seni musik secara turun temurun telah melekat dalam masyarakat tertentu. Musik tersebut juga berfungsi sebagai salah satu media hiburan mereka. Selain di Indonesia, di negara lain juga mempunyai seni musik tradisional yang mempunyai ciri khas dari masing masing negara.

Pengertian Alat Musik Tradisional

pengertian alat musik tradisional
satujam.com

Musik tradisional tersebut juga bisa dipengaruhi oleh kehidupan yang ada di masa lalu dan lain sebagainya. Pada dasarnya, seni musik tradisional dibuat sesuai dengan gaya, tradisi, dan bahasa yang sesuai terhadap daerah asalnya. Sehingga, kamu tidak akan mengalami kesulitan jika ingin mengenali asal dari seni musik tradisional tersebut.

Salah satu ciri yang sangat mencolok ialah bahasa dalam seni musik tersebut yang digunakan. Sehingga akan sangat mudah untuk mengenalinya. Sementara yang dimaksud dengan pengertian alat musik tradisional ialah alat yang digunakan untuk mengiringi seni musik tradisional.

Pengertian dari Musik tradisional ialah musik yang akarnya dari tradisi sebuah masyarakat. Dalam hal ini, musiknya adalah warisan secara turun temurun dari masyarakat sebelumnya yang diwariskan bagi masyarakat selanjutnya.

Fungsi Musik Tradisional Nusantara

fungsi alat musik tradisional
thedailyaztec.com

Pada umumnya, jenis musik tradisional berfungsi untuk mesyarakat Indonesia. Fungsinya ialah untuk sarana maupun media dalam upacara adat budaya biasanya digunakan dalam ritual, untuk pengiring tari, sarana hiburan, sarana komunikasi, sarana ekspresi diri, maupun media ekonomi. Fungsi musik tradisional memang banyak sekali beberapa contohnya seperti dibawah ini.

Sarana Upacara Adat Budaya (Ritual)

Biasanya musik tradisional berhubungan erat dengan adanya upacara upacara kelahiran, pernikahan, kematian, keagamaan dan juga kenegaraan. Di dalam sejumlah daerah, juga baranggapan jika bunyi dari alat musik tradisional tertentu bisa menghasilkan suara magis. Sehingga, alat musik tersebut digunakan untuk sarana upacara adat istiadat dalam masyarakat tersebut.

Pengiring Tarian

Pada sebagian wilayah yang ada di Indonesia, bunyi bunyian ataupun alat musik juga dibuat oleh masyarakat dengan tujuan untuk mengiringi sebuah tarian khas daerah tertentu. Sehingga beberapa tarian khas suatu daerah di Indonesia cuma bisa diiringi dengan alat musik dari daerah mereka sendiri.

Disamping musik daerah, musik dangdut dan juga pop, juga dimanfaatkan untuk mengiringi beberapa tarian modern misalnya poco-poco, dansa serta lainnya.

Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkan Alat Musiknya

Indonesia memang memiliki banyak sekali alat musik tradisional dengan jumlah melebihi provinsi di Indonesia. Setiap provinsi yang ada di Indonesia mempunyai alat musik tradisional dan kesenian yang tidak sama. Jika dihitung, sebenarnya alat musik yang ada di Indonesia berjumlah ratusan.

Namun hanya beberapa alat musik tersebut yang populer dimasyarakat. Sebenarnya sangat penting untuk mengetahui macam macam alat musik tradisional. Hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita.

Berikut ini ada beberapa jenis jenis alat musik tradisional dan cara memainkan alat musiknya.

Alat Musik Serune Kalee

alat musik serune Kalee

Alat musik tradisional yang pertama ialah Serune Kalee. Alat musik ini berasal dari provinsi Aceh. Kalee termasuk jenis alat musik tiup maka cara memainkan alat musik ini ialah dengan ditiup. Cara menggunakannya hampir sama dengan alat musik seruling.

Serune kale mengeluarkan suara dengan jenis Aerofon. Sedangkan untuk mengatur keluarnya nada dari alat musik tersebut ialah dengan membuka tutup lubang-lubang dibagian serune kali menggunakan pola tertentu. Jika kamu berminat, kamu bisa langsung coba alat musik tradisional Aceh ini dengan cara ditiup.

Alat Musik Angklung

alat musik Angklung
Gambar alat musik tradisional

Salah satu alat musik sederhana yang sangat populer ialah angklung. Apalagi sempat diadakan konser yang memperagakan alat musik angklung ini yang digunakan untuk mengiringi konser musik yang diadakan. Angklung senidiri termasuk alat musik tradisional Jawa Barat.

Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini ialah dari bambu yang berukuran tertentu. Untuk memainkan alat musik angklung ini, kamu tinggal menggoyangkannya. Dengan begitu, alat musik yang digoyang ini akan keluar suara karena bambu-bambunya berbenturan satu sama lain.

Alat Musik Saluang

alat musik saluang

Alat musik tradisional saluang adalah alat musik daerah yang berasal dari Minangkabau provinsi Sumatera Barat. Cara memainkan alat musik ini ialah dengan ditiup. Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini juga berasal dari bambu.

Saluang memang sangat mirip dengan alat musik seruling bambu. Namun yang membedakan ialah saluang memiliki 4 lubang dibagian tengahnya. Fungsi ke empat lubang tersebut ialah untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang keluar. Sementara untuk jenis bunyi yang dikeluarkan oleh alat musik ini ialah bunyi Aerofon.

Alat Musik Japen

alat musik japen

Alat musik tradisional dari Kalimantan salah satunya ialah japen. Asal alat musik ini tepatnya dari Kalimantan tengah. Japen slaah satu jenis alat musik petik sehingga untuk memainkan alat musik Kalimantan ini ialah dengan cara dipetik.

Jika meilihat dengan seksama, alat musik ini sangat mirip dengan gitar namun ukuran alat musik ini lebih ramping dan lebih kecil. Bentuk alat musik ini sangat mungil sehingga sangat menarik ditambah lagi ada ukiran maupun cat berwarna yang indah.

Alat Musik Keso Keso

alat musik keso keso

Beralih pada alat musik tradisional dari Sulawesi bagian selatan. Alat musik ini sangat mirip dengan alat musik rebab. Sehingga cara memainkan alat musik Sulawesi yang satu ini juga sama dengan cara memainkan alat musik rebab.

Untuk memainkan alat musik gesek ini, kamu tinggal menggeseknya menggunakan alat khusus agar mengeluarkan suara yang indah dari alat musik Keso Keso ini.

Alat Musik Tifa

alat musik tifa
Gambar alat musik tradisional tifa

Alat musik tradisional Papua yang termasuk alat musik tradisional populer yaitu Tifa. Alat musik tifa berasal dari daerah Papua dengan ciri khas dan keunikan tersendiri. Bentuk alat musik Tifa ini menyerupai gendang kecil namun panjang.

Tifa juga salah satu alat musik pukul dan masyarakat memainkan alat musik Papua, kamu tinggal memukulnya dengan tangan. Dengan begitu akan keluar bunyi yang indah dari Tifa ini.

Alat Musik Ladolado

alat musik LadoLado

Alat musik tradisional selanjutnya ialah Ladolado. Alat musik ini berasal dari wilayah Sulawesi tenggara. Jenis bunyi yang dimilikinya ialah bunyi ideopon. Untuk menghasilkan bunyi ini, kamu harus memukulnya dengan alat khsus untuk pemukulnya.

Alat musik ini berbentuk seperti alat musik gesek yang lain. Biasanya alat musik ini digunakan untuk upacara adat maupun saat ada pementasan kesenian daerah.

Alat Musik Slenthem

alat musik slenthem

Alat musik tradisional selanjutnya ialah Slenthem. Cara memainkan alat musik Slenthem ini yaitu dengan dipukul. Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini ialah campuran antara seng dan kuningan yang berwarna keemasan.

Alat musik pukul ini terdiri atas bilah-bilah yang memiliki berbagai ukuran. Masing masing ukuran juga mengeluarkan nada yang tidak sama. Slenthem adalah alat musik tradisional Jawa Tengah. Umumnya digunakan pada alat musik Gamelan. Alat musik gamelan berasal dari Bali.

Fungsi alat musik ini ialah memberi kesan dengung untuk setiap bunyi gamelan yang ditabuh.

Alat Musik Tradisional Tuma

alat musik tuma

Nama alat musik tradisional selanjutnya ialah Tuma. Alat ini adalah salah satu alat musik dari Kalimantan barat. Bentuknya memang sangat mirip dengan alat musik gendang. Yang membedakan ialah bagian yang dipukul cuma pada satu sisi saja.

Biasanya alat musik ini dimainkan saat ada acara adat yang digunakan untuk mengiringi pementasan kesenian yang ada di Kalimantan Barat.

Alat Musik Ganda

alat musik ganda
Gambar alat musik ganda

Di daerah Sulawesi bagian tengah juga mempunyai alat musik tradisional yang sangat unik. Namanya adalah Ganda. Bentuk alat musik ini hampir sama dengan alat musik gendang.

Namun untuk alat musik ini hanya dipukul pada satu sisi saja. Suara yang dikeluarkan dari alat musik ini ialah dari jenis membranofon. Dalam pertunjukan alat musik ganda, biasanya yang dimainkan bukan hanya satu macam saja, melainkan ganda yang bervariasi.

Alat musik ganda nantinya diletakkan dengan berjejer dan ukurannya juga bermacam macam. Fungsinya ialah untuk mengeluarkan suara yang bermacam macam.

Alat Musik Kecapi

alat musik kecapi

Kecapi merupakan alat musik yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Alat musik kecapi berasal dari daerah Sunda. Jenis alat musik Sunda ini memiliki suara khas dan cara memainkannya dengan dipetik. Banyak yang menggelar adanya konser tunggal menggunakan kecapi ini.

Sehingga kecapi semakin populer dikalangan masyarakat. Untuk membunyikan alat musik ini, kamu tinggal memetik pada bagian senar kecapi. Suara yang dikeluarkan oleh alat musik ini ialah dari jenis Kordofon yang sangat indah dinikmati.

Alat Musik Panting Khas Kalimantan

alat musik panting

Jenis alat musik tradisional selanjutnya ialah Panting. Asal alat musik ini dari Kalimantan. Cara memainkan alat musik ini sama dengan gitar yakni dengan cara dipetik. Namun ukuran alat musik petik ini lebih kecil dibandingkan dengan gitar.

Sehingga banyak yang menyebut panting sebagai miniature gitar. Karakteristik alat musik ini memang hampir sama dengan kebanyakan musik tradisional lainnya yang cara membunyikannya dengan dipetik. Suara alat musik ini juga sangat halus dan lembut didengarkan.

Alat Musik Khas Kalimantan Sampe

alat musik sampe

Biasanya alat musik tradisional ini berwarna putih bersih serta diberi ukiran sebagai hiasan pada setiap bidangnya. Asal alat musik ini dari Kalimantan timur dengan bunyi yang dihasilkan juga sangat merdu.

Sementara bagian tengah alat musik ini juga ada dawai yang berjajar sangat rapi. Sehingga orang-orang bisa membunyikannya dengan cara dipetik. Biasanya alat musik ini digunakan pada acara ritual penting di daerah Kalimantan.

Alat Musik Gong Jawa

alat musik gong

Banyak yang sudah mengetahui alat musik satu ini karena seringnya diadakan pagelaran musik ini. Gong adalah salah satu instrument yang ada dalam alat musik gamelan. Bentuk Gong ialah bulat besar disertai dengan adanya tonjolan dibagian tengahnya.

Gong merupakan alat musik Jawa Tengah. Sedangkan untuk Gamelan sendiri merupakan alat musik tradisional Bali. Gong memiliki fungsi untuk penjaga dari alat musik gamelan. Ternyata gong bukan cuma berperan sebagai alat musik tradisional saja. Melainkan juga sebagai salah satu simbol peresmian kegiatan tertentu.

Tehyan dari Jakarta

alat musik jakarta
Gambar alat musik tehyan

Alat musik Jakarta satu ini sangat unik sekali. Karena memiliki dawai dawai tradisional telah tersusun rapi. Alat musik ini sangat mirip dengan alat musik biola namun dawai pada alat musik ini lebih sederhana.

Tehyan adalah alat musik tradisional dari Jakarta dan cara memainkannya juga sama dengan biola yakni dengan digesek sehingga biola ini termasuk jenis alat musik tradisional gesek.

Alat Musik Bende

alat musik bende

Alat musik tradisional dari Lampung adalah Bende. Bentuk alat musik bende ini menyerupai dengan alat musik aramba. Kedua jenis alat musik tersebut hanya berbeda pada ukuran maupun warnanya.

Bende termasuk jenis alat musik pukul maka dari itu untuk memainkan alat musik ini, kamu tinggal memukulnya. Dibagian pusat Bende ini ada tonjolan bulat sebagai tempat untuk dipukul. Alat pemukulnya juga dibuat secara khusus yang tidak akan merusak bende ketika dipukul dengan keras.

Alat Musik Tradisional Serunai

alat musik serunai
hisyam-rahmadian.blogspot.com

Untuk alat musik tradisional selanjutnya ialah serunai yang berasal dari Nusa tenggara barat. Cara memainkan alat musik serunai ini ialah dengan cara ditiup. Jenis alat musik ini memang hampir sama dengan seruling, yang membedakan ialah suara yang keluar dari masing masing alat musik tersebut.

Biasanya serunai digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan kesenian. Bahkan juga sering digunakan untuk mengiringi pementasan tarian tradisional didaerah Nusa Tenggara. Lekukan dan juga motif yang diberikan untuk alat musik serunai mampu memberi warna & nilai seni yang sangat tinggi.

Alat Musik Sasando

cara memainkan alat musik sasando
gambar alat musik sasando | kamerabudaya.com

Salah satu alat musik tradisional yang bentuknya unik ialah sasando. Apalagi artis luar negri juga tertarik ingin mencoba alat musik ini. Mereka juga sengaja berkunjung di Indonesia cuma ingin mempelajari alat musik sasando ini.

Tak hanya suaranya yang sangat merdu, alat musik sasando juga mempunyai tampilan sangat artistik. Warna sasando biasanya putih, dengan ada kayu sebagai penyangga dawai-dawai pada sasando ini. Cara memainkan alat musik Sasando juga sama dengan alat musik lainnya yang berdawai yakni dengan dipetik.

Suara yang dihasilkan dari alat musik petik ini sangat mendayu-dayu dan merdu sehingga banyak yang terpesona setelah mendengarnya.

Alat Musik Aramba

alat musik aramba

Jenis alat musik tradisional lainya ialah aramba. Aramba adalah salah satu alat musik dari Sumatera bagian utara. Biasanya masyarakat sekitarnya menggunakan alat musik ini dalam acara pernikahan dan juga acara adat lainnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini ialah dari tembaga,kuningan, ataupun logam. Untuk memainkannya, kamu tinggal memukul alat musik ini sehingga mengeluarkan bunyi yang khas. Aramba ini bentuknya bulat dan ditengah-tengahnya ada tonjolan bulat kecil dan biasanya permainan aramba ini digantung dengan seutas tali pada palang horizontal.

Itulah pembahasan tentang alat musik tradisional dan cara memainkan alat musiknya. Dengan informasi artikel yang sudah dirangkum ini setidak bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai alat musik tradisional Indonesia. Semoga bermanfaat..!

 

Bagikan :

Satu pemikiran pada “√ Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia dan Cara Memainkannya”

  1. terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali.

    Balas

Tinggalkan komentar